Saturday, October 15, 2016

SESUATU YANG BERHARGA

Setiap orang pasti memiliki sesuatu yang dianggap berharga dalam hidupnya. Entah itu berupa barang, atau apapun yang melekat pada diri dan tubuhnya. Sesuatu yang berharga tersebut tentu tidak dapat dinilai dengan mata uang manapun, dollar, euro maupun rupiah, tidak akan mampu membuat nilai batasan terhadap sesuatu yang berharga tersebut.

Sesuatu yang berharga pada seseorang, sangat tergantung pada pemiliknya. Bisa saja sebuah sandal jepit yang sudah busuk pun, dapat menjadi sesuatu yang berharga buat seseorang. Mungkin bagi orang lain itu hanyalah sebuah sandal yang layak ditempatkan di tong sampah, namun bisa jadi buat seseorang, sandal tersebut sangatlah berharga dan tak ternilai.

Namun, bila kita tidak mampu untuk menjaga apa yang kita anggap berharga tersebut dengan baik, tentunya apapun itu, tidak akan memberikan sesuatu yang punya makna buat kita. Maksudnya, bila apa yang kita anggap berharga tersebut tidak kita jaga dengan baik, tidak kita rawat, tidak kita perdulikan, tentunya orang lain juga tidak akan perduli dengan hal tersebut, dan sangat meremehkan apa yang kita anggap berharga tersebut. Misalnya bila kita mengganggap tubuh kita adalah sesuatu yang berharga, namun kita masih saja menistakan tubuh kita dengan hal-hal yang dianggap tabu oleh orang lain, tentunya orang lain juga akan menganggap remeh atas tubuh kita dan menganggap bahwa tubuh kita bukanlah sesuatu yang patut untuk jaga. Misal dengan mengkonsumsi Narkoba dan obat2 terlarang. Disini jelas bahwa kita tidak menghargai tubuh kita, sehingga orang lain yang melihat kita juga tidak akan pernah menghargai tubuh kita.
Kita dapat menghargai tubuh kita dengan berolah raga, tidak mengkonsumsi apapun yang dilarang pemerintah dan merusak tubuh kita sendiri. Tentunya orang lain melihat hal tersebut, akan lebih menghargai tubuh kita dan tidak akan pernah mengangap enteng kepada kita.

Bila kita merasa, pemikiran kita adalah sesuatu yang berharga, tentunya kita tidak akan pernah mempunyai ide maupun pemikiran yang merusak. Kita lebih cendrung akan memikirkan tentang kemajuan, dan memikirkan bagaimana agar dengan buah pikiran kita tersebut, orang lain juga akan terbantu dan merasa berbahagia dengan hasil dari pemikiran kita.

Bagaimana agar sesuatu tersebut tetap berharga, buat kita maupun bagi orang lain? Tentunya dimulai dari kita sebagai pemiliknya, bila kita memang terlihat menjaganya dengan sungguh-sungguh, tentunya hal tersebut akan selalu berharga di mata dan pikiran kita. Bagaimana mungkin seseorang dapat menghargai sandal jepit usang kita, bila kita sendiripun tidak mampu menjaganya dengan baik, kita letakkan dengan sembarangan, pasti orang lain pun yang melihatnya akan segera membantu kita untuk menempatkan sandal tersebut di tong sampah. Atau menjadikannya roda untuk mainan mobil-mobilan bambu anaknya. Semua harus dimulai dari diri kita. Bila kita menganggap itu berharga, berarti kita harus siap untuk menjaganya agar tidak rusak.

15 comments:

  1. Buat saya kumpul bersama keluarga sesuatu yang berharga banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali mas dwi, meskipun hanya makan singkong cilembu direbus yang penting ngumpul pasti adalah sesuatu yang sangat berharga

      Delete
    2. setuju sekali mas Dwi, sebagai anak rantau jarak yang jauh membuat hati tak tenang rasa bertemu semakin kuat membuat diri ini semakin merana.

      Delete
  2. berkumpul dengan keluarga yang dicintai sangat berharga sekali :)

    ReplyDelete
  3. segala sesuatu yang berharga memang sudah spatutnya kita jaga dan kita sayangi, sebab jika tidak diperlakukan seperti itu tentu sesuatu yang berharga tersebut menjadi tidak berharga, baik benda ataupun pikiran tentunya dong ah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mang,kalo bukan kita yang jagain siapa lagi.

      Delete
  4. Kalau saya yang paling berharga itu adalah keluarga saya kang, ayah ibu dan adik :-) bukan sanal jepit atau barang mewah lainnya :-)

    Sesuatu yang berharga adalah segala sesuatu yang mempunyai kenangan dan keindahan yang semestinya dan segala sesuatu yang berharga tersebut tidak dapat di nilai dengan nominal :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keluarga adalah nomor satu kebersamaan dalam keluarga tidak ternilai dan sangat berharga

      Delete
  5. Apapun itu, jika diperoleh dengan kerja keras dan usaha sediri bagi saya adalah suatu hal yang sangat berharga :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, Segala upaya yang kita lakukan adalah hal yang paling berharga dalam kehidupan kita.

      Delete
  6. sesuatu klo kita sepelakan orang lain juga jadi tidak menghargai ya mas, kayak sendal tsbt

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mas, sekecil apapun itu bila kita mau menghargainya, pasti akan sangat berharga buat orang lain juga

      Delete
  7. menurut aku, sesuatu yang berharga itu adalah Kuota Internet :D wkwkwkwk...
    salam kenal mas yadibarus :) ijin follow ya blognya

    ReplyDelete
  8. betul sekali banyak sekali diantara kita yang tidak menghargai apa yang kita miliki, dan akan menyesal ketika yang berharga itu hilang haduh makasih motivasinya bang

    ReplyDelete

About Me

My photo

i want to make a friend for everyone.....

i'd love to be your friend