Sunday, February 12, 2012

YAKIN VS PANIK

Didalam menjalankan atau menyelesaikan suatu pekerjaan, tentunya kita selalu dihadapkan kepada suatu permasalahan yang unik. Atau mungkin suatu masalah, yang sama sekali belum pernah kita hadapi sebelumnya. Dan tidak jarang masalah tersebut akan membawa kita menjadi panik.


Kepanikan didalam menghadapi suatu permasalahan akan selalu mengarahkan kita menuju keputusasaan, terlebih bila masalah tersebut tak kunjung dapat kita selesaikan sementara waktu yang ditentukan untuk penyelesaian tugas tersebut sudah diambang batas.


Hal ini selalu menggangu kita, dan tentunya tugas tersebut tidak akan dapat terselesaikan dengan maksimal.
Karena perasaan panik tersebut akan lebih melemahkan kita dan terkadang, apa yang kita ketahui pun akan menjadi hilang dari pikiran kita. Dan perasaan panik tersebut akan membuat daya pikir kita akan menjadi berkurang, sehingga hal yang biasa kita kerjakan atau ingat dapat menjadi lupa. Biasanya perasaan panik tersebut juga dapat membawa orang yang sedang dalam masalah akan melakukan masalah baru yang lebih berbahaya. Misalnya saja seorang pekerja yang belum dapat menyelesaikan tugasnya namun waktu yang ditentukan telah dekat, bila pekerja tersebut panik dan gusar, tentunya akan menambah beban pikiran yang berat, juga bisa saja dia melakukan tugasnya dengan asal-asalan sehingga hasil kerjanya semakin buruk.
Karena memang Kepanikan yang melanda kita dapat menghilangkan akal sehat kita, lebih parahnya dapat membutakan hati nurani kita. Dan akan menuntun kita kedalam keputus asaan.


Namun bila kita menyikapi suatu permasalahan dengan penuh ketenangan dan yakin bahwa masalah tersebut akan selesai, tentunya kita juga dapat berpikir dengan tenang guna mencari solusi-solusi yang paling tepat dalam menghadapi permasalahan tersebut. Dengan tenang kita akan mencari referensi yang baik untuk membantu kita dalam menyelesaikan masalah tersebut, Dan dengan tenang kita akan mengerjakan pekerjaan ataupun menghadapi masalah tugas yang sedang ada di depan kita.Sehingga tugas tersebut sudah pasti akan dapat terselesaikan dengan baik dan hasil yang kita peroleh tentu akan menjadi lebih baik. 


Disamping itu, ingatlah akan selalu Kuasa Allah Bapa. Sebab segala persoalan yang kita hadapi tidak akan pernah lebih besar dari kemampuan yang ada pada kita. Cobalah untuk tenang dan dengan penuh keyakinan, coba kerjakan tugas kita dengan baik, dan selalu meminta bimbingan dariNya. Yakinlah bahwa tugas atau masalah kita pasti akan dapat kita selesaikan dengan mudah.


"Kepanikan tidak akan pernah menyelesaikan masalah, tetapi akan memperbesarnya"


3 comments:

  1. payo kel pal.
    tapi dahkam, mawen la pe ate panik, la gejap nggo kepe panik :D
    aku pe sanga ngenda berusaha gelah ola mesukah panik.
    lain kel ras seninandu, uga kin pe rusuhna la pernah ia panik. ntah panik tapi beluh ia munikensa, ei la ku teh :D

    nice post anyway :)

    ReplyDelete
  2. setuhuna, kerina jelma lit perasan panikna pal, saja uga ia beluh mbabasa. Aku pe mekatep nge panik, tapi asal kuperdiateken, bage lit masalah, kubaba tenang (tentuna janah ertoto) lit lalap serpang pulahna, dibandingken adi aku panik.

    ReplyDelete
  3. yakin, yakin, yakin jangan panik kita pasti bisa.....

    ReplyDelete

About Me

My photo

i want to make a friend for everyone.....

i'd love to be your friend