Wednesday, March 18, 2015

MEJUAH-JUAH

Dalam bahasa karo, salam ini, dapat diartikan sebagai "salam sejahtera buat kita semua". Jadi aku rasa ndak ada salahnya bila aku nyebutin kata "mejuah-juah" buat semua teman ngeblog di seluruh jagad maya. 

Memang rasanya juga tak ada salahnya ya, bila kita juga saling mendoakan agar semua kita bisa damai sejahtra, agar jangan hanya kita sendiri saja yang merasa penting untuk damai dan sejahtera. Orang disekitar kita juga perlu merasa kesejahteraan tersebut. 

Memberikan salam yang dapat memberikan ketenangan dan kenyamanan buat yang menerima salam tersebut adalah suatu hal terindah yang perlu untuk kita lestarikan atau kita budayakan. Karena dengan salam yang indah tersebut, org yg menerima salam itu merasa tentram dan senang bertemu dengan kita. 

Berbeda dengan setiap bertemu orang kita memberikan salam yang membuat suasana hati panas, tentunya itu tidak baik untuk pergaulan dan kenyamanan dalam berteman. Keinginan untuk mendapatkan kedamaian tersebut juga tidak akan pernah bisa tercapai. Kata-kata indah yang menyenangkan tersebut memang berhubungan dengan suasana hati kita. Bila memang suasana hati sedang galau, kita merasa canggung untuk memberikan salam indah tersebut, karena hati kita merasa tidak tentram dan kadang merasa tidak perlu memberikan salam tersebut.

Namun sebenarnya tidak perlu hal tersebut terjadi. Karena walau kita memang dalam suasana hati yang kacau, bila kita mau memberi salam yang indah kepada orang lain disekitar kita, sedikitnya perasaan hati kita yang tidak baik tersebut dapat sedikit terobati.

Jadi salam yang indah, tidak hanya berguna buat ketenangan hati orang lain, tapi sangat berguna juga buat diri kita sendiri.


45 comments:

  1. salam yang indah ya salam sejahtera semoga diberikan kesehatan selalu , :)

    ReplyDelete
  2. Salam mejuah-juah juga sobat :)
    oh ya, blog anda sudah saya follow, Mohon follow juga blog saya ya :)

    ReplyDelete
  3. kunjungan pertama gan dari ane blogger pemula, salam kenal yak

    ReplyDelete
  4. Replies
    1. horas, mejuah-juah. thanks untuk kunjungannya

      Delete
  5. Mejuah-Juah...!
    Kunjungan pertama nich Pak :)

    ReplyDelete
  6. Bahasanya unik mas, hehe. Oke salam menjuah-juah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heheheh, bahasa daerah memang membawa keunikan masing-masing

      Delete
  7. nambah lagi nih satu perbendaharaan kata mejuah-juah he he, bagus om kenalkan budaya dan bahasa daerah kita

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo bukan kita yg perduli akan daerah kita, siapa lagi? Siapa tau mbak berkenalan dengan org dr suku diluaran, kan mbak bisa menyapa mereka dengan kata mejuah-juah...heheheh

      Delete
  8. ane baru tahu sob makna dan arti menjuah juah ini, luar biasa yak bahasa kita ada banyak namun kita tetap satu indonesia, ane sendiri dari jawa, bahasa ane banyak yang lupa sob hhhhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bersatu didalam keberagaman tentu jauh lebih indah dari pada bersatu dalam keseragaman. Yuk kita belajar bahasa daerah kita dan perkenalkan itu ke seluruh teman dan kerabat....

      Delete
  9. yang pasti, saat kita bersalam kepada rekan atau kerabat, kita sebenarnya sedang mendoakan diri sendiri juga ya Bang?

    ReplyDelete
  10. Wahahaah Asyikkkkkkkk dapat kosa kata baru Bahasa Karo

    ReplyDelete
  11. horeeee ..... ilmu itu emg ada dimna2 asal kita mw kemana2 ...hehe

    ReplyDelete
  12. Betul pak, salam dan sapaan akan membuat hati lega dan orang lainpun ikut merasakan senang. Itu indahnya berbagi salam dan sapaan, sangat mencerahkan.

    ReplyDelete
  13. ane jadi kepengen ini gan belajar bahasa karo, biar bisa ngomong menjuah juah, makasih banyak gan udah mau share info berguna buat ane :)

    ReplyDelete
  14. ini bahasa mana ya mas kok menjuah artinya apa ya

    ReplyDelete
  15. ilmu itu emangg ada dimna2 asal kita mau kemana2 hihihi

    ReplyDelete