Wednesday, June 13, 2012

KETERATURAN

Memang kalo dipikirin, hidup teratur itu memang lebih enak. Namun untuk melaksanakan keteraturan itulah yang sangat tidak mengenakkan. Karena kita akan merasa terkekang dan merasa seperti diikat oleh aturan-aturan tersebut.

Padahal, kalo kita memang pengen hidup lebih baik lagi, dan berencana untuk peningkatan kinerja kita sebagai pekerja, sangatlah dibutuhkan keteraturan tersebut.

Jadi teringat dengan teman SMA, yang kemaren mengikuti pendidikan di STPDN, dia bercerita bagaimana teraturnya kehidupan mereka selama mengikuti pendidikan. Mulai dari jam bangun pagi, sampai dengan jam makan malam, dan jadwal-jadwal lainnya yang sudah diatur, kemudian jenis pakaian yang digunakan selama pendidikan yang diatur, cara makan, cara berbicara dan lain sebagainya, kalau menurut dia itu sangat mengekang dan mengikat. Namun setelah penempatan bekerja sebagai Camat di Tarutung, dia merasa sangat bebas dari segala peraturan sehingga hidup sesuka-sukanya tanpa perhitungan, sehingga tidak ada keteraturan lagi dalam kehidupannya. Padahal sudah seharusnya sebagai seorang pemimpin di sebuah kecamatan, dia menerapkan peraturan dan kedisiplinan tersebut ditengah-tengah pegawainya terlebih ditengah masyarakat yang dipimpinnya. Dia sering tidak masuk kerja, kekantor kadang pakaian bebas dan banyak lagi peraturan yang dilanggar oleh dia. sehingga akhirnya Bupati pada saat itu tidak memberikan kepercayaan kepadanya lagi sebagai Camat, dan ditarik menjadi Kasub di kantor Bupati Tarutung.

Maksudku disini bukan menceritakan keburukan temanku itu, tapi yang tertangkap olehku disini adalah bagaimana sebenarnya keteraturan tersebut ataupun peraturan tersebut dapat membawa kebaikan bagi kita bila kita jalankan dengan sebaik-baiknya. 

Dengan adanya keteraturan, segalanya akan terasa lebih mudah, karena hidup yang teratur akan terasa lebih nyaman untuk dijalani dari pada semuanya menjadi serabut. Di jalan raya, bila semua mau teratur tentunya kemacatan tidak akan pernah terjadi berlama-lama, pasti semuanya bisa lebih mudah. Dan pasti banyak sekali hal-hal yang positif akan terjadi bila kita hidup secara teratur. Aktivitas blog baik BW maupun nulis artikel pasti akan lebih mudah dan tidak membuat kepala jadi pusing bila kita mau teratur. Sebenarnya untuk hal ini aku sendiri terkadang belum bisa teratur .....heheheheh. Namun setelah mengerti keuntungan dari keteraturan, mungkin bisa lebih baik kedepannya.
Jadi pals, jangan pernah merasa terkekang untuk menjalani keteraturan itu, sebab segala yang teratur pasti akan lebih baik dari pada yang sembrawut, benar khan pals? Menurut pals gimana?

17 comments:

  1. hidup teratur memang enak pak, musuhnya satu malas hehehe

    ReplyDelete
  2. benar sekali mbak, dan malas inilah salah satu penyakit yang tidak ada obatnya, kecuali niat kita untuk melawan kemalasan itu sendiri.

    ReplyDelete
  3. tapi kadang kitanya yang susah diatur..hehehe...

    ReplyDelete
  4. betul betul betull
    hidup dengan keteraturan pasti aman n nyaman

    ReplyDelete
  5. menguah kebiasaan susah diatur itulah yang harus kita perjuangkan mas

    ReplyDelete
  6. sip....mantap pur...

    ReplyDelete
  7. Saya suka dengan keteraturan. Sampai waktupun rasanya harus benar-benar dihitung agar keteraturan tetap pada tempatnya. Kalau sudah salah sedikit pasti deh rasanya jadi gak nyaman.

    ReplyDelete
  8. Keteraturan yang mengikat, tapi kalau kita udah tahu manfaatnya, semua bisa dinikmati ya
    Salam kenal :)

    ReplyDelete
  9. teratur itu emang susah pals !!

    ReplyDelete
  10. yup, manfaat besar dari keteraturan adalah adanya rasanya nyaman dalam setiap kegiatan ...thanks pals

    ReplyDelete
  11. sip....thanks, salam kenal juga

    ReplyDelete
  12. prinsipnya....saya juga jarang teratur pals....hehehehe....namun semua bisa dirubah dan dibiasakan....

    ReplyDelete
  13. susah...namun manfaatnya besar pals...

    ReplyDelete
  14. btw, pals tu apa? *duuuuuh, katrok banget aku ni...

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu sebutan untuk sobat-sobat yadi...thanks

      Delete
  15. Menang sih mas, untuk hidup dalam keteraturan itu bagi sebagian orang masih harus beradaptasi, namun bila sudah bisa teratur maka kita juga yang akan menikmati hasilnya ya....

    ReplyDelete

About Me

My photo

i want to make a friend for everyone.....

i'd love to be your friend