Thursday, October 20, 2016

PENTINGNYA BER-KOMUNITAS

Semua manusia memang memiliki berbagai-bagai kepentingan, keinginan dan kebiasaan yang berbeda-beda. Namun dari perbedaan-perbedaan tersebut, tentunya ada kemiripan dan kesamaan yang membuat kita bisa hidup bersama-sama dan membentuk suatu kelompok tertentu. Kumpulan orang-orang yang mempunyai kesamaan tersebut yang akan menimbulkan suatu komunitas.

Jadi dapat dikatakan bahwa Komunitas adalah sebuah kelompok sosial dari beberapa organisme yang berbagi lingkungan, umumnya memiliki ketertarikan dan habitat yang sama (sumber : wiki).

Kita sering ada mengenal komunitas Motor Gede, Komunitas penulis Blog, Komunitas Gowes, dan komunitas-komunitas lainnya. Dan orang-orang yang punya kesamaan tersebut akan saling berbagi dalam segala hal yang menurut mereka punya kesamaan tersebut.

Lalu apa pentingnya punya Komunitas?
Didalam komunitas tentunya kita bisa saling berbagi pengalaman dan mendapatkan solusi atas segala permasalahan yang mungkin timbul. Dengan berkumpulnya orang-orang yang punya ketertarikan yang sama tersebut, tentunya ada yang masih baru mengalami kendala, dan kendala tersebut sudah dilalui anggota komunitas yang lain. Bila dalam komunitas Blogger misalnya, Mungkin ada seorang blogger yang kurang paham dengan SEO, mungkin dengan bertanya kepada anggota komunitas yang lain, orang tersebut akan mendapatkan jawaban yang tepat dengan apa yang dibutuhkannya dalam menyelesaikan masalahnya tersebut.

Komunitas akan lebih mendukung dan melindungi antara sesama anggota komunitasnya. Dan tentunya untuk mendukung kelangsungan komunitas tersebut, sangat dibutuhkan saling kesepahaman dan saling pengertian antara sesama anggota komunitas. Bukan tidak sering kita mendengar adanya perpecahan dalam satu komunitas, sehingga komunitas tersebut akan menimbulkan komunitas-komunitas yang baru. Maka dapat dikatakan bahwa, dalam ketertarikan yang sama pasti ada saja yang berbeda pendapat.

Bergabung dengan komunitas, dapat memudahkan kita mencapai apa yang kita harapkan atau cita-citakan. Misalnya, kita ingin sukses dalam membuat membuat blog, tentunya dengan bergabung dengan para blogger yang lain, Kita bisa  lebih mudah memahami segala seluk beluk pengelolaan blog, dan kita bisa lebih mudah untuk mencapai tujuan kita yaitu sukses dalam ngeblog tersebut.

Bergabung dengan komunitas, akan memperlancar segala informasi yang kita perlukan tentang apa yang kita sukai, informasi-informasi yang akan berpengaruh terhadap ketertarikan kita akan lebih cepat kita terima. Misalnya bergabung dengan komunitas blogger, kita akan mudah mendapatkan informasi tentang segala isu-isu, ataupun segala hal yang dapat menguntungkan maupun merugikan blog yang kita kelola. Misalnya informasi tentang Adsense, informasi tentang Google AMP yang diceritain Mang Lembu kemarin, jadi akan lebih cepat kita terima.

Dengan demikian, sangat banyak keuntungan yang kita peroleh bila kita mau bergabung pada satu komunitas. Komunitas akan sangat memudahkan kita untuk mencapai segala apa yang kita harapkan. Dan salah satu cara yang paling efektif bila kita butuh untuk menaikkan jumlah kunjungan pada blog kita.

15 comments:

  1. Di antara komunitas yang saya sukai adalah komunitas blogger :)

    ReplyDelete
  2. dengan komunitas, hobi tersalurkan & bisa bertukar informasi

    ReplyDelete
  3. Komunitasbagus juga sih asal yang positif ya kan Bang Yadi..hehhe

    ReplyDelete
  4. kalau bergabung dengan komunitas rasanya seneng banget loh.
    ternyata ada orang yang pikiranya sejalan denga kita.
    terus bisa saling bantu kalo ada kesulitas.
    pokoknya masuk ke suatu komunitas recomended banget :)

    ReplyDelete
  5. ia baner dengan komunitas kita bisa bertanya hal - hal yang kurang paham

    ReplyDelete
  6. asalkan komunitas itu memiliki tujuan yang baik tentunya banyak yang dukung, jadi pilihlah komunitas yang memiliki manfaat yang baik untuk kita syukur dapat mengembangkan lagi kemampuan kita

    ReplyDelete
  7. Iya bener banget mas, saya juga sudah merasakan enaknya bergabung dengan ratusan komunitas...

    ReplyDelete
  8. sangat setuju sekali mas. Dengan bergabung melalui sebuah komunitas kita jadi bisa melakukan hal yang lebih sempurna. Sebab jika kita tidak tahu kita akan bertanya melalui komunitas tersebut :)

    ReplyDelete
  9. bergabung di sebuah komunitas memang bisa nambah pengethuan, karena banyak yang sharing tentang hal hal yang kita belum tau.

    ReplyDelete
  10. Asal jangan ada komunitas Begal aja ya mas :D

    ReplyDelete
  11. Openmind Community - Komunitas Hobi Terbesar
    https://play.google.com/store/apps/details?id=com.om.openmind

    Openmind Community adalah layanan jejaring sosial di mana semua orang dapat berbicara tentang hobi mereka sendiri. Melalui berbagai jenis komunitas seperti musik, games, aktor, dan lain-lain semua orang bisa bersemangat membicarakan topik favorit mereka!

    Setiap orang pasti memiliki hobi atau kesenangannya tersendiri. Dengan ikut berbagai komunitas, kamu bisa bertemu dengan teman-teman baru yang memiliki kesukaan yang sama. Dengan begitu, kamu bisa menambah koneksi sekaligus memperluas circle pertemananmu.

    • Direkomendasikan untuk
    - Orang-orang yang mencari teman dengan hobi serupa
    - Orang-orang yang mencari teman yang bisa mengerti topik tertentu
    - Orang-orang yang mencari teman untuk bertukar informasi tentang konser musik dan tiket
    - Orang-orang yang mencari rekomendasi kuliner dan promo menarik
    - Orang-orang yang mencari opini secara anonim untuk topik pribadi seperti kehamilan dan membesarkan anak-anak
    - Orang-orang yang tertarik untuk berpartisipasi dalam pertemuan offline

    • Fitur utama
    - Banyak pertemuan dan acara offline diadakan di komunitas aktif seperti kuliner, sepak bola, buku bacaan, dll.
    - Chat untuk pembicaraan pribadi dan rahasia
    - Buat komunitas baru dan menjadi pemilik komunitas sebagai mentor

    ReplyDelete
  12. with the community, hobbies channeled & can exchange information

    ReplyDelete
  13. juaragoal situs info liga champion paling update. jangan mau ketinggalan info tentang pemain dan club favorit kalian.
    berita semua liga internasional selalu kami update hanya untuk anda semua pecinta sepak bola. berita tentang laga pertandingan, profil pemain, prediksi, sampai bursa transfer tersedia di website kami.
    Baca semua berita terkini seputar sepak bola internasional gratis dan mudah.

    ReplyDelete
  14. Jadi inget masa2 aktif berkomunitas sekira 10 tahun silam, mulai dari fan base bola, blooger, hingga fotografer lokal.

    ReplyDelete