Thursday, November 11, 2010

10 CARA UNTUK MENJAGA KONSENTRASI KERJA


Dalam bekerja, dan segala kegiatan kita sehari-hari, tentunya kita membutuhkan konsentrasi dan fokus dalam mengerjakannya. Agar pekerjaan tersebut dapat terselesaikan.

Bila kita tidak konsentrasi, maka produktivitas dan kinerja kita juga pasti akan menurun.

Nah, saya dapat sharing, apa saja yang dapat kita lakukan agar kita dapat tetap menjaga konsentrasi kita saat menjalankan tugas.
  1. Meja kerja yang senyaman mungkin. Hindari menumpuk berkas-berkas yang belum kita perlukan dimeja. Usahakan di meja kerja anda yang ada hanyalah berkas-berkas yang mendukung pekerjaan yang akan diselesaikan. Sebab bila ada berkas pekerjaan selanjutnya telah kita letak dimeja kita, maka pikiran kita akan melayang pada pekerjaan baru, sementara pekerjaan yang ada sekarang belum selesai. Jangan pernah mencoba untuk menyelesaikan 2 pekerjaan sekaligus, karena hasilnya tidak akan pernah baik.
  2. Tentukan target utama anda dalam menyelesaikan pekerjaan tersebut, 1 jam, 2 jam, sore ini, atau lainnya. Hal ini dapat memacu anda untuk segera menyelesaikan tugas-tugas tersebut cepat dan tepat.
  3. Bila perlu, hindari menelepon dalam bekerja, kecuali untuk urusan pekerjaan. Sebab bila anda menelepon sahabat sambil melakukan pekerjaan, sudah sangat pasti
    konsentrasi anda akan buyar, dan anda tidak akan pernah menyelesaikan pekerjaan tersebut dengan baik.
  4. Beri kesempatan kepada otak anda untuk rehat sejenak. Setelah berpikir untuk proses penyelesaian pekerjaan, ambillah waktu paling lama 5 menit untuk beristirahat. Agar tidak merasa jenuh terhadap pekerjaan tersebut. Anda boleh berjalan ketempat air minum, minum secukupnya sambil melihat pemandarngan sekitar kantor. Atau melakukan obrolan kecil dengan teman. Tapi jangan sampai keasyikan ngorbrol hingga akhirnya pekerjaan kita tinggalkan.
  5. Ciptakan ketertarikan pada pekerjaan anda, hingga anda otomatis akan berkonsentrasi penuh untuk mengerjakannya.
  6. Hapus semua file game dalam PC dan Laptop anda. Karena bila anda melihat file tersebut, anda pasti akan mudah untuk digoda untuk meninggalkan pekerjaan dan memainkan game tersebut. sehingga akhirnya pekerjaan kita pasti akan tertunda penyelesaiannya.
  7. Jangan pernah berpikiran bahwa deadline pekerjaan tersebut masih panjang, sehingga anda mengerjakannya dengan kurang serius. Selalulah anggap bahwa pekerjaan tersebut harus segera diselesaikan, sehingga kita dapat menyelesaikannya dengan lebih cepat.
  8. Ciptakan lingkungan kerja yang bersih dan jauh dari bau tak sedap. Sebab kita tidak akan pernah konsentrasi bekerja sambil mencium aroma yang tidak sedap di hidung kita.
  9. Beristirahatlah yang cukup pada malam hari, karena anda tidak akan pernah dapat konsentrasi bekerja bila anda ngantuk.
  10. Berolah raga lah secara rutin, sebab daya ingat dan konsentrasi kita akan semakin meningkat bila tubuh kita kuat dan sehat.
Nah dari ke sembilan cara diatas, alangkah lebih baiknya bila anda rangkum dengan membiasakan diri dengan berjalan di alam bebas pada saat hari libur bekerja. Hal ini sangat berguna untuk meningkatkan konsentrasi kerja anda setiap saat.

Nah, itulah tips yang dapat saya sharing, mudah-mudahn bermanfaat......

12 comments:

  1. saya sering kayak gitu tu
    makasih ya tips nya
    mampir juga di blog saya http://www.revolutionp.com
    makasih banyak

    ReplyDelete
  2. perlu penyegaran sejenak sesaat beraktifitas.
    SALAM kenal dari Kendari...

    ReplyDelete
  3. @nanda> ok
    @andre> jaga stamina agar konsentrasi tetap terarah
    @jack> thanks too
    @tusada> sip.....

    ReplyDelete
  4. wah cocok bagi seorang pegawai kantoran nih kayaknya :D

    ReplyDelete
  5. tips-nya oke sobat, akan saya pertimbangakan daan kalo memenuhi rasa akan saya tindak lanjuti segera.

    ReplyDelete
  6. Tipsnya sangat bermanfaat

    Kadang kehilangan konsentrasi terhadap pekerjaan juga diakibatkan karena tidak berani menolak permintaan teman yg memerlukan bantuan atau sekedar melayani curhat ttg pekerjaan atau urusan pribadi

    Karena itu sikap tegas juga diperlukan agar bisa fokus dalam menyelesaikan pekerjaan

    ReplyDelete
  7. Ini cara2 yang jitu untuk menjaga konsentrasi kita waktu bekerja yang seringkali terbagi urusan lain. Terima kasih atas sharingnya.

    ReplyDelete
  8. tapi game itu penting loh, untuk menghilangkan stress sejenak :)

    ReplyDelete
  9. Pulang main futsal, bikin postingan narsis
    blokwaking ke sini :D

    Tips yg keren sobat :)
    Makasih y

    ReplyDelete
  10. Tips yang menarik :)

    ReplyDelete