Sunday, April 27, 2014

MENJADI YANG TERPILIH

Setiap orang pasti punya keinginan untuk menjadi orang yang terpilih. Baik itu dalam hal pekerjaan, ataupun dalam hal lainnya. Apalagi untuk menjadi seorang yang akan mempunyai kekuasaan, pasti banyak yang ingin terpilih menuju hal tersebut.

Seperti pada masa pileg kemaren, tentunya para caleg tersebut sangat ingin untuk terpilih agar dapat duduk di kursi parlemen, di tingkat II sampai ke Tingkat Pusat. Mereka semua seperti berlomba untuk terpilih agar dapat menduduki kursi tersebut. Kita juga melihat, bagaimana sekarang perjuangan dari parpol untuk memajukan seorang capres yang kira-kira mampu untuk mengakomodir kebutuhan parpol tersebut bila capres yang diusungnya terpilih menjadi presiden. Begitu banyak hal dan usaha yang kita jalankan agar kita bisa menjadi orang yang terpilih.

Dalam dunia kerja, hal tersebut juga lumrah terjadi. Dimana kita sangat ingin terpilih untuk dapat menduduki suatu jabatan yang lebih tinggi dari jabatan yang kita duduki sekarang. Tidak ada pekerja yang kita bisa temukan yang merasa puas dengan kedudukan nya sekarang. Pasti semua sangat ingin untuk dapat mencapai kedudukan yang lebih baik dari kedudukannya saat ini. 

Namun haruslah kita menyadari bahwa, sebenarnya untuk menjadi orang yang terpilih itu bukanlah mudah. Kita harus dapat membekali diri kita dengan pengetahuan2 yang lebih baik dari orang lain. Bila kemampuan kita hanya pas-pasan saya rasa kita tidak akan pernah menjadi orang yang terpilih. Ada beberapa hal yang harus kita persiapkan agar kita bisa menjadi orang yang terpilih :

1. Karakter
Setiap ada pemilihan, pasti yang pertama sekali diperhatikan orang yang memilih adalah karakter dari yang akan dipilih. Apakah karakter orang tersebut dapat dipercaya, atau punya karakter yang memalukan. Sehingga dengan mengenal karakter orang tersebut, dapat diketahui apakah dia layak untuk dipilih atau tidak.

2. Pengetahuan
Untuk mengisi kedudukan tertentu, tentunya ada pengetahuan yang mendasar yang harus kita kuasai. misalnya kita ingin menjabat kedudukan sebagai seorang tenaga IT, tentunya segala pengetahuan tentang IT, harus sudah kita ketahui.

3. Kemampuan
Untuk menjadi yang terpilih, kita juga harus lebih mengasah kemampuan kita. Bila kemampuan kita hanya di level pas-pasan, tentunya orang yang memilih tidak akan dengan gampangmya mau memilih kita

4. Loyalitas
Loyalitas kita kepada suatu hal juga akan dipertimbangkan, Para pemilih akan berpikir dua kali untuk memilih kita bila loyalitas kita diragukan.

5. Visi dan Misi
Bagian yang terpenting adalah mempunyai Visi dan Misi yang terbaik. Bagaimana mungkin kita bisa terpilih, bila kita mempunyai visi dan misi yang tidak sesuai dengan harapan para pemilih. Ataupun visi dan misi kita dapat menghancurkan tempat kita bekerja, tentunya kita tidak akan pernah menjadi terpilih.

Jadi hal-hal tersebut diatas dapat kita kembangkan agar kelak kita bisa menjadi orang yang terpilih.

35 comments:

  1. visi dan misi itu Bang terutama memang, meskipun faktor lainnya juga mendukung sama kuatnya.
    saya sependapat banget dengan isi tulisan Bang Yadi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks bang zach, memang visi dan misi ini menjadi faktor yang penting, gimana mungkin kita terpilih bila kita sendiri ndak tau apa visi dan misi kita...

      Delete
    2. oleh karena pendapatnya kang zach menyetujui tulisannya bang Yadi, maka dengan segala kerendahan hati, saya pun ikutan sependapat dengan kang zac....bang
      gimana dong?

      Delete
    3. kalo dua sesepuh udah bilang yess, aku juga ikutan deh... :D

      Delete
  2. sekarang marak banyak orangg2 yg mengajukan diri untuk dipilih, seakan2 mereka berkata bahwa merekalah yg paling layak dan pantas untuk menjaid org yg terpilih,'...padahal lebih bagus kalo masyarakat banyak yg menentukan siapa yang paling layak untuk dipilih,,,jangan mengajukan diri untuk terpilih,,,namun biarkan nurani rakyat yg bermain untuk memilih.....
    keep happy bloggging always...salam dari Makassar :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tul pals, sebaiknya memang kita harus persiapkan diri dulu sebaik-baiknya, baru kita mengajukan diri untuk dipilih, agar para pemilih juga tidak ada keraguan. Thanks, salam juga dari medan

      Delete
  3. selayaknya mereka yang mengharap menjadi orang yang terpilih, sudah memiliki kelebihan dari kelima hal yang abang sebutkan diatas

    nah kalo kita mesti berusaha memenuhinya, supaya benar2 terpilih karena memang layak dipilih sesuai dengan potensi dan kemampuan

    ReplyDelete
  4. Menjadi orang yang terpilih tidaklah semudah orang dipilih karena sejatinya yang terpoilihlah yang layak untuk dipilih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena untuk menjadi terpilih,kita sudah punya hal yang membuat para pemilih lebih terkesan kepada kita. Setuju sekali pals

      Delete
  5. Kemauan tidak masuk hitungan ya? Banyak orang mampu tapi ia tidak mau, makanya tidak terpilih, hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemauan.., boleh juga, karena org yg mampu blm tentu mau untuk dipilih ya mas.....thanks

      Delete
  6. Kelima-limanya sangat dibutuhkan. Apalagi visi dan misi yang jelas. Jadi jangan terlalu berharap jika tidak memiliki kelimanya

    ReplyDelete
  7. visi dan misi serta loyalitas dibalut dengan keiklasan kang baros. Saya melihatnya sekarang banyak yang loyal visi misi jelas tapi ndak ikhlas, alias pencitraan belaka

    ReplyDelete
    Replies
    1. semua pekerjaan harus ada keikhlasan, hingga hasilnya selain berguna buat diri sendiri juga sangat berguna buat orang lain.

      Delete
  8. karakter seseorang menjadi yang paling penting untuk dipilih menurut saya :)

    ReplyDelete
  9. ternyata sungguh berat amanah menjadi orang yang terpilih itu...betul-betul harus menjadi orang pilihan

    ReplyDelete
  10. kejujuran ko ngga termasuk ya bang?
    bukankah itu jadi hal yang utama?

    ReplyDelete
  11. Betul sekali Yadi, ada banyak kriteria kalau kita ingin menjadi orang yang terpilih dalam bidang apapun. Dan diantaranya sudah ditulis Yadi di posting ini...keren, trima kasih ya sudah diingatkan kembali untuk selalu memberikan yang terbaik :)

    ReplyDelete
  12. memang sulit untuk menjadi yang terpilih ya, seberat tanggung-jawab yang akan dipikulnya

    ReplyDelete
  13. mntap artikelnya ..
    trima kasih sudah berbagi..
    kunjungan baliknya
    http://dikirain.blogspot.com

    ReplyDelete
  14. suka dengan yg nomor 3 & 4 itu merupakan hal pokok yg harus dimiliki setiap orang ya sob :)

    ReplyDelete
  15. Sabtu Minggu kemana nih Bang Yadi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau saya ada mas, gak kemana mana .... mau ngajak makan - makan ya mas hehehe

      Delete
  16. nomer 4 ini mas yang sepertinya masnih nihil dalam diri saya

    ReplyDelete
  17. Sabtu minggu biasanya nganggur dirumah mas .. Hheeeeee

    ReplyDelete
  18. tar malah kaya lagunya anang kd dan syahroni yang rebutan pilih :D

    ReplyDelete
  19. Sekarang banyak orang yang menawarkan diri untuk dipilih, gak peduli pakai cara apapun yang penting keinginannya tercapai hehehe

    ReplyDelete
  20. ikut menambahkan: attitude juga menjadi kriteria utk bs jadi yg terpilih ya kan?

    ReplyDelete
  21. Mau ipilih harus bisa dipercaya, jujur, amanah, dan mampu menjalankan tugas. itu yg diharapkan rakyat

    ReplyDelete
  22. harus memiliki kemampuan dan semangat kerja lebih agar terpilih

    ReplyDelete
  23. hadir kembali menyapa sahabat :-)
    keep happy blogging always...salam dari Makassar :-)

    ReplyDelete

About Me

My photo

i want to make a friend for everyone.....

i'd love to be your friend