Wednesday, December 12, 2012

MANDIRI

Apa sebenarnya maksud dibalik kata "mandiri" ini menurut rekan semua? Apakah kita semua sudah dapat menjamin, bila kita sudah mandiri? Yang pasti aku tidak sedang mempromosikan sebuah Bank Plat Merah yang ada di negri tercinta ini pals. 

Atau mungkin ada yang memplesetkan kata mandiri tersebut dengan "mandi sendiri". Tapi mungkin, bisa juga ya sama dengan mandi sendiri dimana kita tidak perlu untuk dimandiin lagi sama ortu kita khan. Maksudnya, kita bisa untuk mandi sendiri tanpa dimandiin, atau lebih bisa menentukan sikap kita sebagai orang yang dewasa untuk membuat suatu keputusan yang terbaik, melakukan yang terbaik dan tentunya memperoleh hasil yang terbaik pula.

Faktor usia tidak dapat menjadi patokan atau ukuran seseorang dalam kemandiriannya. Karena masih banyak juga orang yang sudah dewasa bahkan sudah menikah masih selalu bertopang tangan kapada orang lain. 

Saya pernah mengenal seorang pria yang sudah berkeluarga dan punya tanggung jawab hidup terhadap keluarganya, selalu bertopang tangan kepada orang tuanya. Sampai-sampai setelah orang tuanya meninggal, dia hampir kehilangan akal sehat karena tidak ada lagi yang memberikan subsidi kepadanya.

Saya juga megenal beberapa pekerja yang bekerja dilingkungan pekerjaan saya, yang selalu harus diawasi dan harus selalu diperintah dalam melakukan pekerjaannya. Bila tidak ada perintah atau pengawasan, si pekerja lebih senang bengong dan bila diberikan suatu pekerjaan yang baru, dia mudah panik dan membiarkan pekerjaan tersebut menjadi terabaikan.

Jadi memang sifat mandiri ini diperlukan, agar kita tidak terlalu tergantung kepada orang lain, memang tidak tertutup kemungkinan kita disuatu saat membutuhkan bantuan orang lain. Namun sebaiknya itu kita lakukan bila kita memang menemukan jalan buntu dalam mendapatkan hasil dari apa yang kita kerjakan.

Seorang yang mandiri tentunya lebih mudah untuk mencapai keberhasilan dibandingkan dengan orang yang sangat tergantung kepada orang lain. Jadi pals, sudah layaklah kita untuk mandiri dalam melaksanakan tugas-tugas kita, kita dapat bergantung kepada orang lain bila kita memang benar-benar tidak mampu untuk melaksanakan pekerjaan tersebut. Jangan hanya berpangku tangan dan menunggu diarahkan oleh orang lain baru kita mulai bekerja.


7 comments:

  1. ini bukan nama instansi kompetitor Bang? hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya ndaklah bang hehehe ....masak aku promosiin kompetitorku, ntar aku dihajar sama perusahaan donk...

      Delete
  2. umur tidak bisa menentukans esorang mandiri atau tidak ya pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya mbak, belum tentu orang yang sudah dikatakan dewasa itu dapat dikatakan mandiri. karena sudah banyak contoh yang saya lihat seperti itu.

      Delete
  3. jiaaaaah kupikir tadi bank mandiri

    lama tak jumpa blog ini

    ReplyDelete
  4. wah udah lama nggak berkunjung kesini. spada?? :D

    ReplyDelete

About Me

My photo

i want to make a friend for everyone.....

i'd love to be your friend