Tuesday, June 26, 2012

MENABUNG YUK..

Berhubungan dengan memulai sesuatu yang kecil, kegiatan menabung juga dimulai dari yang terkecil. Kita tidak harus mempunyai penghasilan yang besar terlebih dahulu, baru kita mulai untuk menabung. Namun mulailah menabung dengan jumlah nominal terkecil, dan sudah pasti bila telah terkumpul, uang tabungan tersebut dapat kita pergunakan untuk keperluan-keperluan hidup kita.

Kebiasaan menabung ini sepertinya sudah hampir pudar dalam kehidupan kita, anak-anak yang sedari kecil sudah dibiasakan konsumerisme, tentunya akan membuat kita repot sebagai orang tua kelak.

Membiasakan menabung dalam kehidupan kita, justru sangat bermanfaat bila kita mulai sejak usia muda. Kebiasaan menabung sejak dari usia muda, akan sangat mempengaruhi sifat konsumerisme dalam kehidupan kita. Kita akan lebih hati-hati didalam membuat anggaran pengeluaran dalam kehidupan kita, bila kita telah menjadikan kebiasaan menabung tersebut menjadi prioritas. 

Kebanyakan orang-orang selalu mengeluhkan minimnya pemasukan mereka pada saat aku coba untuk menawarkan dalam pembukaan rekening tabungan."Makan aja syukur pak, bapak suruh saya nabung, kan ndak mungkin" begitulah kira-kira tanggapan yang sering kutemui dilapangan. Belum lagi saya bila ketemu dengan mahasiswa dan pelajar, dan mencoba untuk menawarkan pembukaan Simpedes Muda, yang memang khusus ditawarkan untuk Mahasiswa dan pelajar, mereka juga sepertinya enggan dan bilang mereka belum berpenghasilan. 

Padahal BRI telah sangat perduli dengan kebutuhan Mahasiswa dan Pelajar, sehingga BRI telah membuat suatu produk bertajuk "Simpedes Muda" yang dikhususkan untuk anak muda dari usia 12 tahun s/d 32 tahun. Untuk membuka rekening tabungan ini, cukup dengan menunjukkan Kartu Pelajar, Kartu Identitas dan membuat setoran awal Rp. 100.000,- dan setoran selanjutnya minimal Rp. 10.000,- Dengan fasilitas Real time On line, Kartu ATM, transfer dan banyak fasilitas lainnya. 

Bila kita hitung-hitung, sebenarnya orang tua selalu memberikan uang saku buat kita setiap pagi, atau setiap minggu, bulan kepada mahasiswa atau pelajar yang ngekost. Apakah dana tersebut harus kita habiskan di mall atau kantin dekat sekolah/Kampus? Tentunya sedikit saja bisa kita sisihkan untuk ditabung, biar saja kita tabung Rp. 10.000,- perminggu, tentunya sebulan kita sudah akan mendapat dana yang cukup. Dan bagaimana bila mahasiswa mulai menabung sejak semester I sampai Semester VII sebesar Rp. 10.000,- sebulan, tentunya kebutuhan dana yang besar saat akan menyusun skripsi akan lebih membantu ortu khan?

Untuk kita yang sudah bekerja dengan penghasilan mungkin dibawah Rp.2 jt setiap bulan, mungkin kita merasa bahwa menabung itu hanyalah mimpi. Karena tidak cukup. Namun coba kita sikapi dengan baik, dan coba kita buat hitung-hitungan yang lebih mantap. Bagaimana bila kita mencoba untuk menabung sebesar Rp. 100rb sebulan. Anggap saja uang Rp. 100rb tersebut adalah uang yang kita habiskan di mall. Kehidupan kita tidak akan ada pengaruh apa-apa dengan berkurangnya uang kita untuk ditabung sebesar itu khan. Bukan berarti dengan menabung Rp. 100rb tersebut, kita tidak dapat makan ataupun tidak ada ongkos transport lagi. Nah kita tunggu saja sampai 3 tahun kedepan, kita sudah punya uang yang cukup untuk ambil cuti dan berlibur. Dan tidak mesti "kasbon" terlebih dahulu baru kita dapat menikmati liburan. 

Mulailah Pals, menabung dari jumlah yang kecil, tentunya ini hanya permulaan. Bila kita sudah sanggup untuk melakukan hal yang kecil tersebut, pasti kita akan lebih semangat dan mampu untuk menabung lebih besar lagi.

selamat mencoba pals....

47 comments:

  1. kalo menabung dari jumlah kecil sih hmm...ya udah laahh
    hehehe
    ah jadi kangen ama celengan ayam pas esde dulu nih
    heuheu

    ReplyDelete
    Replies
    1. waktu aku kecil diajari sama ortu nabung pake celengan, kemarin celengen masih terbuat dari bahan tanah liat mas, jadi bongkarnya mesti pake palu, tapi kalo sekarang kebanyakan celengen dari bahan plastik, dulu asal tahun ajaran baru, ortu pasti ngajak memalu celengennya barengan, jadi deh beli sepatu baru..hehehehe

      Delete
  2. yuk belajar menanbung kebetulan saya juga punya anak2 jadi bisa ikutan belajar

    ReplyDelete
    Replies
    1. diajari mbak agar anak-2 jadi hobi menabung, kalo bisa diajari juga cara nyetornya ke bank, kalo tabungan untuk anak-anak di BRI ada sekarang produk "Tabunganku" bebas biaya adm, namun tidak bisa Real time on line, atau BRItama Junio yang punya fasilitas gratis kalo ke tempat hiburan anak-anak....(sori jadi promosi nih, ketahuan kalo sekarang dibagian marketing..heheheh)

      Delete
  3. Eeeh mau tuh nabung buka BRi 100ribu, kemarin buka BCA ajah 500ribu e mas, padahal yaa ngisi nya ndak tiap bulan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup mbak niar, fasilitas yang sama dengan Paspornya BCA, dengan biaya adm lebih murah,

      Delete
  4. kalau saya sih nabungnya gak di celengan , tapi di belikan ke emas sama di tabung di bank :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. emas dan menabung ke bank adalah salah satu bentuk investasi mbak, hanya saja kalo kita nabung dalam bentuk emas, kita harus benar-benar jeli melihat harga pasaran supaya tidak rugi....

      Delete
  5. saya juga ingin menabung mbak,menabung di bank itu adalah impian saya waktu SD ,saatnya kini saya bisa wujudkan impian saya, soalnya saya sudah kerja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, sisihkan sebagian dari gajinya pals untuk ditabung

      Delete
  6. memang sangat susah menyisihkan uang untuk ditabung.. saya sendiri belum bisa nabung hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. cobalah dengan yang kecil mas, lama-lama pasti bisa

      Delete
  7. Kalau ada yang ditabung, saya juga pengin nabung...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama aja mas dengan komen calon nasabahku kemaren...

      Delete
  8. hahaha .. ngakak baca komennya pak mar...
    kalo ndak niat disisihkan buat menabung, ya nggak bakalan kesampaian menabung :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. heheheh...yup, awalnya niat dan tekad mas

      Delete
  9. saya sudah pernah nabung di BRI, terpaksa ditutup karena udah kebanyakan buka rekening bank utk keperluan sesaat hehehe.. skarang tinggal 1 rekening bank saja yg dipakai :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. lebih baik memang punya sedikit rekening bila setoran kita kerekening tidak mampu menutupi biaya adm yang dibebankan terhadap rekening tabungan

      Delete
  10. Tiada merugi orang yang gemar menabung, tapi memang tidak selalu mudah, butuh nia dan tekad yang kuat ya, Pak.

    ReplyDelete
  11. saya sekarang sudah mulai belajar menabung buat masa depan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. good mas riff, menabung itu sangat penting

      Delete
  12. BRI termasuk bank pemerintah yg recomended.. Anak sy juga di bukain rekening BRI sm ayahnya.. Supaya rajin nabung :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh, makasih banget mbak atas kepercayaannya, rajin nabung buat masa depan ya mbak....thanks

      Delete
  13. saya mau nabung saya mau nabung buat beli kamera :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. langsung dengan lensa yang paling mahalpun bisa mas, yang penting niat

      Delete
  14. Menabung dari hal yang kecil, kami praktekkan di rmh dengan membuat Uang Kas Keluarga. Pernah saya share disini http://niken-bundalahfy.blogspot.com/2012/02/uang-kas-keluarga.html
    Dan sampai sekarang masih berlangsung. Manfaatnya sdh banyak sekali. Seperti membeli printer dan lain-lain.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan karena menabung sehingga kebutuhan sehari-hari tidak terpenuhi, kebutuhan terpenuhi, nabung juga bisa, akhirnya tercapai apa yang diinginkan...mantap

      Delete
  15. perlu komitmen ya mas untuk kita terbiasa menabung..
    inspiratif

    salam kenal
    Blogwalking sambil mengundang rekan blogger sekalian
    Kumpul di Lounge Event Tempat Makan Favorit
    sukses selalu
    Salam Bahagia

    ReplyDelete
  16. Awkawk.. saya ampe skarang aja masih ada celengan di rumah mas :)
    Btw, pals itu ternyata kata sejenis 'sob' gitu kan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hampir sama pals, lanjutkan celengannya mas..

      Delete
  17. Menabung itu sulit...
    tapi biasanya kalau sudah bisa ngirit sukanya keterusan.
    memulainya aja yg sulit :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. dibiasakan ngirit,
      jauh dari sulit....

      Delete
  18. Pelajaran waktu SD dulu bahwa Bank adalah tempat menabung, tapi kenyataan sekaran Bank adalah tempat meminjam uang/kredit....

    Salut lah pada orang-orang yang gemar menabung...

    ReplyDelete
  19. iya pak....
    dari kecil nabung lewat BRI tp sampai sekarang malah belum punya ATMnya je...
    xixixiii

    ReplyDelete
  20. wah aq tertarik dgn tUlisan nya,, bagus,, alhmdulil2h aq juga udh mulai belajar nabung di bank awal bulan kemarin,,,

    ReplyDelete
  21. saya tak punya rek di BRI, bisakah anak saya buka menabung di BRI pakai kartu pelajar saja? trim's

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh pals, minta kepada costumer service untuk membuka tabungan Junio atau tabungan Simpedes Muda, atau ada sekarang program dari BI, dibukakan Tabunganku, produk Tabunganku ini tanpa biaya administrasi, namun tanpa fasilitas online dan kartu ATM.

      Delete
  22. Om saya kan baru umur 15 tahun saya di perbolehkan tidak untuk nabung di bank BRI pakai tanda pengenal Kartu Pelajar

    kalo boleh apa saja persyaratan dan ketentuan nya

    trims

    ReplyDelete
  23. Om umur saya 15th saya ingin membuka tabungan di bank BRI !! Tapi katanya sekarang udh gak bisa pake kartu pelajar !! Apa itu bner !
    Truz kalo bisa saya nabung di tabungan apa ??? N persyaratannya apa????

    ReplyDelete
    Replies
    1. sori baru bisa balas, soalnya banyak kesibukan dikantor, kalo kamu ke BRI, minta dibukakan simpedes muda atau BRItama Junio, atau tabunganku, semua tabungan ini, bisa dibuka dengan menyertakan kartu pelajar, tidak harus dengan menggunakan KTP.

      Delete
  24. om itu kalo bri simpedes muda kerjasama sama apa aja ? mastercard apa visa ?

    ReplyDelete
  25. Hai kak, kami dari www . gilaqq .com mengadakan promo yang menarik sebagai berikut:
    - Bonus deposit 5% untuk new member
    - Bonus deposit 3%
    - Bonus turnover up to 0.05%
    - Bonus referal 20 %

    Info lebih lanjut, anda bisa hubungi dibawah ini :

    BBM : 2BE55E80
    YAHOO : GilaQQ
    SKYPE : GilaQQ
    FACEBOOK : GilaQQ
    TWITTER : GilaQQ
    SMS/TLP : +855123970368

    KAMI SIAP MELAYANI ANDA..^^

    ReplyDelete
  26. Kalau buat mahasiswa rantau ke kuota lain. Trs nau buat tabungan. Syrat nya ap saja ya mas

    ReplyDelete
  27. Kalau buat mahasiswa rantau ke kuota lain. Trs nau buat tabungan. Syrat nya ap saja ya mas

    ReplyDelete

About Me

My photo

i want to make a friend for everyone.....

i'd love to be your friend