Monday, February 4, 2013

NABUNG VS NGUTANG

Bila kemarin aku dikesalkan oleh sebagian teman dikantor yang coba mencari kesalahan saya karena utang-utang saya, namun sekarang aku sangat bersyukur dengan apa yang dilakukan teman saya tersebut. Aku merasa Tuhan bekerja untuk saya agar saya dapat mengerem pertumbuhan hutang saya.Tapi kalo dipikir-pikir, hutang saya itu tidak maju juga lah, kan aku cicil?

Mereka tidak tau, kalo sebenarnya aku berhutang tersebut karena selain bekerja dikantor, aku punya bisnis yang memang sebenarnya dijalankan oleh istri. Untuk kegiatan yang produktif, sepertinya ndak salah ya kita berhutang banyak. Yang salah itu, kita ngutang hanya untuk kebutuhan badaniah kita. itu sudah pasti menyalahi. 

Nah dari utang-utang tersebut, kita sudah pasti akan semakin giat dalam melakukan pekerjaan dan kegiatan usaha, jadi kita harus bisa menabung agar cicilan utang dan kebutuhan hidup  kita tidak saling tarik menarik. Sehingga semuanya bisa terpenuhi. Jadi utang ndak nunggak, kebutuhan hidup juga terpenuhi.

Jadi kedua hal ini perlu kita manage sebaik mungkin. Dan sepertinya untuk masa seperti ini, keduanya harus dapat berjalan beriringan, sehingga kita bisa lebih meningkat.

Itulah pentingnya kemampuan management keuangan, sesederhana apapun itu. Karena bila utang tidak bisa kita kontrol dengan baik, jangankan nabung, makan aja pasti kita kesulitan.

Jadi sobat, ndak perlu takut ngutang, asal itu untuk hal yang bersifat produktif bukan konsumtif.

10 comments:

  1. bener Bang. saya sepakat soal fungsi kontrol. debt management, bahkan sampai strategi uang lebih hasil pinjaman.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup, berarti kita sepakat bg zach, karena hutang yang produktif pasti akan menambah kesejahteraan.

      Delete
  2. setuju mas, ngurang juga kalo kita bisa mengolahnya menjadi keuntungan itu lebih baik daripada tidak pernah ngutang yah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. nambah nih teman yang sependapat, ngutang itu berbahaya kalo kita pake shoping, dan tamasya. ujung2nya kita harus kerja keras untuk membayarnya

      Delete
  3. Ngutang untuk bisnis namanya hutang putih Pak. Untuk menumbuhkan asset dan menggaet rejeki lebih banyak. Yah dibisnis hutang hukumnya baik Pak :)

    ReplyDelete
  4. Saya kurang suka dengan istilah ngutang, lebih suka pake kata "meminjam uang" hehehe.

    Kalo meminjam uang untuk memulai sebuah bisnis menurut saya itu adalah langkah yang baik bro. Mungkin temen-temen nya ngga tau tentang hal itu jadi mereka banyak memberi nasehat agar tidak minjam uang. Meminjam uang untuk membangun bisnis banyak kog dilakukan orang, dan itu membuat jiwa entreprenur mereka semakin berkembang. Saya dukung bang kalo meminjam uang utk membangun bisnis :)

    ReplyDelete

  5. segera miliki rumah tahan gempa desain klasik, menarik dgn suasana pedesaan yang eksotik. tersedia berbagai macam model
    rumah jawa seperti
    rumah joglo
    rumah limasan
    rumah kampung. kami juga menjual
    gebyok kayu jati lawas

    ReplyDelete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  7. Yang terpenting kita mampu mengatur agar hutang berkurang tetapi pemasukan terus bertambah.

    bagi yang berminat belajar komputer administrasi bisnis bisa dilihat di situs berikut ini Kursus Administrasi Bisnis di Denpasar

    ReplyDelete
  8. makasih gan buat infonya dan salam sukses

    ReplyDelete

About Me

My photo

i want to make a friend for everyone.....

i'd love to be your friend