Saturday, May 11, 2013

MASALAH

Setiap orang pasti punya permasalahan tersendiri dalam kehidupannya. Dan yang pasti masalah pasti datang silih berganit. Tidak ada orang bernafas yang lepas dari masalah.

Orang yang paling rajin beribadah pun, pasti akan diterpa masalah. Dan itu sangatlah normal. Yang ndak normal adalah orang yang sama sekali merasa tidak punya masalah. Pasti orang tersebut diragukan tingkat kenormalannya. Bahkan anak kecil sekalipun, pasti pernah mempunyai masalah. Masalah dengan berdiri mungkin, atau bisa saja masalah dengan bajunya yang terlalu kebesaran.

Seberat apapun masalah kita, pasti ada jalan keluar yang terbaik dari masalah tersebut. Hanya saja kita kadang kurang sabar dan mudah panik saat ada masalah menerpa kita. Bahkan kita malah semakin cendrung untuk mencoba menghindari masalah. 

Dan jelas bahwa porsi masalah tersebut pasti berbeda-beda disetiap orang, masalah berat padaku mungkin bukanlah sesuatu yang berat pada sobat semua, demikian juga sebaliknya. Masalah yang dihadapi oleh anak SD tentu tidak sama dengan masalah yang dihadapi oleh seorang Mahasiswa. Masalah besar pada seorang penarik becak mungkin hanya masalah kecil pada seorang Direktur. Seorang penarik becak punya utang Rp. 5 jt tentu akan merasa itu adalah suatu masalah yang besar, seorang direktur tidak akan mungkin punya utang 5 jt sampai menunggak. Yang pasti sudah berkisaran 5 M, baru seorang direktur merasa masalahnya adalah masalah besar.  Pernahkah kita melihat seorang tukan becak berutang 5M ke bank??????

Masalah yang ada bukanlah sesuatu yang harus kita hindari dan takuti. Tidak perlu kita menghindari satu masalah hanya karena kita tidak ingin zona kenyamanan kita terusik. Masalah memang sedikit mengganggu kehidupan kita, namun kita tidak perlu untuk menghindarinya. Semakin dihindari, masalah akan semakin besar dan akan semakin mengganggu. Bahkan bisa saja masalah tersebut akan semakin sulit untuk diselesaikan. Namun bila kita mau menghadapi masalah dan mengelolanya dengan sebaiknya pasti masalah akan terselesaikan. Seperti tukan becak diatas, bila tidak menanggapi akan hutangnya yang 5 jt tersebut dengan baik, tidak mencoba mencicilnya, pasti lama kelamaan masalah itu tersebut akan semakin besar dan akan merambat kepada masalah-masalah yang lain. 

Menyelesaikan masalah mungkin saja membutuhkan waktu yang lama, dan mungkin juga dengan waktu yang singkat kita bisa menyelesaikannya. Semuanya tergantung dari keseriusan kita dalam mencoba untuk menyelesaikannya. Dan jangan pernah berharap dalam menyelesaikan masalah, kita tidak membutuhkan tenaga bantuan dari orang lain. Bisa saja memang kita menyelesaikan masalah sendiri, tapi mungkin itu membutuhkan tenaga dan pikiran yang sangat besar. Tentu kita sangat membutuhkan bantuan orang lain, siapapun itu pasti ada kemampuan pada mereka untuk membantu kita, asal kita mau berbagi masalah tersebut. Sebagai contoh dapat kita lihat pada acara panjat pinang, jangan pernah kita merasa bahwa kita akan mampu mendapatkan hadiah yang telah disediakan dipucuk pinang dengan sendiri, tentu kita membutuhkan suatu tim, dengan bahu membahu untuk mencapai puncak pohon pinang dan merebut semua hadiah yang telah disiapkan dipucuk tersebut.

Selain dari usaha, yang paling penting dalam menghadapi suatu masalah adalah keimanan kita kepada Yang Maha Kuasa. Sampai dimana pengharapan kita kepada Sang Pencipta, rasa syukur kita kepadaNya. Jangan pernah merasa bahwa Dia tidak campur tangan terhadap masalah kita. Dia pasti akan selalu memberikan jalan keluar bila kita selalu berpengharapan kepadaNya dan tidak lupa untuk mengucapkan syukur kepadaNya.

Dan saya berharap, impal/sobat semua tidak punya masalah dengan postingan saya kali ini…

10 comments:

  1. bner bnget sob. janganlah lari dari masalah. ntar tiap harinya bkalan kepikiran. lebih baik dituntaskan sekaligus, spya gk menjadi beban pikiran...

    ReplyDelete
    Replies
    1. bila kita lari dari masalah, masalah pasti lebih kencang mengejar ya kan pal?

      Delete
  2. bner banget pals, kita pasti punya masalah, yang terpenting adalah bgaimana kita memandangnya, ada yang melihat bahwa masalah itu adalah cobaan, tapi ada yang juga yang mengaggap bahwa itu adalah peluang...nice

    ReplyDelete
    Replies
    1. oya makasih udah pasang link blog saya, nanti blog ini juga saya pasang link-nya...salam sukses

      Delete
    2. ok. thanks yuk kita saling berbagi pal

      Delete
  3. iya jangan sampai gigit laptop...heeeeh saking gemesnya apa stress yaa???? Hahahahaha ^__^

    ReplyDelete
  4. Orang mati aja yang ga punya masalah cuma kadang meninggalkan banyak masalah #eh

    ReplyDelete
  5. masalah itu selalu ada tapi saya setuju dengan paragraf akhirnya, karena pada akhirnya sebemarnya semuanya harus kita kembalikan kepada Allah yang sudah mengatur semuanya. salam kenal mas

    ReplyDelete
  6. iya sih...
    makanya aku harus ngutang 5 m kali ya, biar bisa kaya direktur...
    bagaimanapun juga utang kan bikin kita semangat kerja

    ReplyDelete
  7. awas giginya entar copot lo....heheee
    mslh pasti ada, sabar dan tawakal

    ReplyDelete

About Me

My photo

i want to make a friend for everyone.....

i'd love to be your friend