Wednesday, April 20, 2016

BERUNTUNGNYA PUNYA TABUNGAN BERENCANA

Dalam pengelolaan keuangan, tentunya kita tidak pernah lepas dari yang namanya Tabungan. Tabungan sangat diperlukan sebagai dana cadangan atau dana persiapan untuk masa depan kita yang lebih baik.

Menurut Undang-undang No 10 Tahun 1998 Tentang Perbankan, Tabungan adalah simpanan yang penarikannya hanya dapat dilakukan menurut syarat tertentu yang disepakati, tetapi tidak dapat ditarik dengan cek, bilyet giro, dan /atau alat lainnya yang dipersamakan dengan itu.

Sebagian orang beranggapan bahwa orang yang punya penghasilan lebih baru bisa menabung, sedangkan orang yang penghasilannya pas dikantong, kurang layak untuk menabung. Kalo saya boleh menilai, anggapan ini salah. Karena sebenarnya orang yang punya penghasilan pas-pasan juga bisa menabung, sepanjang tetap bertekat untuk menyisihkan penghasilannya sebagai Tabungan.

Diperbankan saat ini ada produk simpanan berjangka dengan jumlah setoran tetap setiap bulan. Kita dapat menentukan jumlah setoran setiap bulannya, dan berapa lama setoran tersebut kita laksanakan. Kalo di BRI ada yang dikenal Tabungan Britama Rencana dan Simpedes Impian. 

Jenis tabungan ini, menentukan jumlah setoran yang tetap setiap bulannya, dan dana yang dimasukkan ke tabungan ini bersumber dari tabungan utama/induk dari tabungan Britama Rencana ataupun Simpedes Impian ini, dilakukan dengan cara pemindahbukuan secara otomatis. Jadi jumlah dana yang ingin kita setorkan ke tabungan ini harus kita setorkan terlebih dahulu ke rekening induk kita. Buat rekan2 pegawai atau pekerja yang berpayrol di BRI dapat memanfaatkan langsung rekening Payroll. Namun tidak menutup kemungkinan buat rekan2 yang bukan pegawai dapat juga membuat tabungan ini, namun wajib menyediakan dana setorannya di rekening induk tabungan Britama Rencana atau Simpedes Impian ini. Dan pada saat pembukaan rekening ini, kita dapat menentukan berapa lama kita hendak menabung dan berapa besar dana yang akan dipindahbukukan ke rekening tabungan rencana kita. Jangka waktu yang dapat dipilih adalah mulai dari 1 thn s/d 10 thn.
Apa untungnya?
Tentunya tabungan tersebut dapat kita manfaatkan untuk biaya yang akan kita keluarkan di masa yang akan datang. Misalnya dana pendidikan, Pesta pernikahan, berlibur dan banyak lagi yang bisa kita manfaatkan dari dana tabungan tersebut.
Jadi temans, cobalah membiasakan diri untuk menabung, agar apapun keperluan kita dimasa depan, kita tidak terlalu bingung untuk mendapatkan dananya. 

13 comments:

  1. Setuju bang kalau tidak dibiasakan nabung suatu saat ada kebutuhan mendesak kita sendiri yang repot

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup, karena kebiasaan menabung ini, mungkin sudah mulai berkurang di kalangan masyarakat.

      Delete
    2. kok abang tau sih?...ngintipin masyarakat mulu ya

      Delete
    3. ia kang, aku kan hobi ngintip

      Delete
    4. waduuh...pantesan aja matanya setajam silet

      Delete
  2. kalo tabungan berencana itu jenis tabungan yang berjangka kan mas, soalnya di mandiri dulu saya juga pernah ikut tabungan berencana, cuma baru coba-coba doang dengan jangka waktu 2 tahun... karena ada kebutuhan mendesak akhirnya diambil deh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dicoba lagi mas, buka tabungan berjangkanya, besar manfaatnya loh

      Delete
  3. merencanakan segala hal memang harus dilakukan terutama merencanakan tabungan berjangka demi masa depan dan kebutuhan pendidikan anak yang terutamanya, ALhamdulillah semua anak-anak sudah memiliki masing-masingnya

    ReplyDelete
  4. Ini dia menabung juga harus disiplin, walaupun dala penerapannya agak berat kang. ha,, ha, ha,

    ReplyDelete
    Replies
    1. berat memang, namun mengingat manfaatnya yang besar, sebaiknya memang kita biasakan mas,,,,

      Delete
  5. kadang menabung itu memang harus dipaksakan, soalnya kadang kalau lagi ada uang ditangan pasti kepikiran mau beli hal2 yang kurang perlu :p

    ReplyDelete
  6. Mirip seperti Deposito ya mas...hanya bisa di ambil sesuai waktu yang di tentukan.
    Kebetulan saya juga nasabah BRI. Boleh juga nich di coba. Anggap aja investasi

    ReplyDelete

About Me

My photo

i want to make a friend for everyone.....

i'd love to be your friend