Wednesday, October 19, 2016

OPEN MIND UNTUK MENJADI SUKSES

Tidak semua yang ada disekitar kita sesuai dengan keinginan kita atau tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan. Sering kali kita menemukan orang-orang yang tidak sepaham dengan kita, segala tata letak suatu ruangan, bunyi-bunyi yang ada disekitar kita tidak cocok dengan apa yang kita harapkan. Mungkin dengan ketidaksepahaman kita, kita menganggap bahwa itu semua adalah benalu dalam kehidupan kita. Sehingga benar-benar harus ditiadakan dari hadapan kita. Dan mungkin karena pengetahuan yang ada pada kita juga tidak benar-benar sepenuhnya kita memahami apa yang dimaksudkan oleh orang-orang yang ada disekitar kita. Karena mungkin kita merasa bahwa apa yang ada dalam pikiran kita adalah sesuatu yang paling benar, dan harus dituruti oleh orang-orang disekitar kita.

Disitulah sebenarnya peran dari Open Mind (Keterbukaan Pikiran) tersebut sangat dibutuhkan. Open mind kira-kira dapat kita artikan sebagai penerimaan terhadap ide-ide yang baru, penerimaan terhadap pemikiran-pemikiran yang mungkin sangat jauh berbeda dari apa yang ada dalam pikiran kita. Open mind sangat mempengaruhi segala keputusan-keputusan yang kita ambil dalam kehidupan. Open mind juga dapat menjaga keseimbangan pemikiran antara orang-orang yang berseberangan sehingga tidak terjadi perselisihan dan timbulnya perpecahan.

Orang yang mampu untuk selalu open minded, tentunya orang yang sangat mudah untuk menerima kenyataan. Dan lebih mampu untuk menerima kekurangan-kekurangan orang lain. Baik bila kenyataaan tersebut sesuai dengan apa yang diharapkannya, atau malah kebalikan dari apa yang diimpikannya.  Open mind mampu memparbaiki segala pemikiran kita yang negative menjadi pemikiran yang berarah ke positif atas segala sesuatunya.

Sebenarnya,untuk mengasah open mind tersebut, sangat diperlukan latihan-latihan dan pemikiran-pemikiran yang positif dalam pikiran kita. Kita mungkin melihat orang-orang yang berbicara seolah-olah selalu membentak-bentak (khususnya saudara kita berdarah batak). Bila kita mampu open mind, tentunya lama-lama kita bisa terbiasa dengan suaranya, dan menjadi kesimpulan buat kita, begitulah mungkin kebiasaanya. Atau mungkin kita melihat orang yang meletakkan lukisan dengan posisi yang menurut kita terbalik, mungkin menurut orang yang menataletakkan tersebut, itulah yang paling pas. Bila kita open minded, tentunya seandainya pun kita tidak sepaham, kita hanya mampu untuk memberitahukannya dengan mungkin cara yang lebih halus, dan tidak memaksakan agar apa yang kita anggap benar tersebut dapat diterima oleh orang lain.

Open minded akan membuat jiwa dan pemikiran kita lebih tenang. Tenang dalam penyampaian, dan tenang dalam mengambil kesimpulan. Bila tidak open minded, kita akan sangat tergesa-gesa dalam mengambil sikap. Sehingga akan menimbulkan pemikiran kita yang kacau, dan mungkin kita akan lebih mudah terkena penyakit tekanan darah tinggi (stroke).  Dari pada kita sakit, tentunya lebih baik kita open mind, terhadap apa yang ada disekitar kita. Dan jangan pernah meremehkan pendapat atau tatanan yang ada disekitar kita, Karene mungkin menurut mereka itulah yang paling baik buat mereka ungkapkan.

Orang yang open mind akan lebih mudah meraih kesuksesan, karena selain lebih mampu untuk berpikir jernih, mampu membuat keputusan-keputusan yang sangat membantu orang lain, mereka akan lebih diterima dihati teman-temannya, sehingga akan banyak yang mendukung dan membantu dia dalam setiap usaha yang dilakukannya.

7 comments:

  1. orang yang open mind biasanya suka nyeleneh, kadang suka menyinggung padahal tidak pernah berniat buruk, sebab orang yang open mind, selalu berpikir jernih dan hatinya polos dan sedikit lebih bersih terhadap lingkungan pergaulan, sehingga sangat mudah dikenal dan mengenal orang lain...dengan begitu keterjalinan silaturahmi lebih terbuka...bukankah silaturahmi adalah pintu rejeki dan pintu menuju kesuksesan...bener nggak, coba?

    Awas, jawabannya jangan cuman dijawab....BENER DOANG...yah, kudu panjang lebar jawabannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar doang..


      hehehehe, ya mang, orang yang open mind pasti lebih mudah bergaul, dan menerima segala yang berhubungan dengan pergaulan dengan baik, tidak langsung menilai segala sesuatunya dengan pikiran-pikiran jelek.

      Delete
    2. waw, koment mang lembu mewakili semuanya :D
      open mind akan membawa kita selalu positif thinking, easy going & tidak suka mengeluh.

      Delete
  2. saya suka dengan orang yang open mind, meski saya sendiri blom sepenuhnya bisa melakukan

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmmmmm. Sebenarnya untuk open mind itu bukanlah sesuatu yang sulit untuk dikerjakan, tergantung kebiasaan kita untuk menerima dan memahami kejadian disekitar kita

      Delete
  3. kayaknya mudah saja melakukan ini tapi kenyataannya pada momen2 tertentu akan sulit mempraktekkannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada benarnya juga mang yanto. Tapi bila kita sudah mengerti apa yang menjadi keuntungan kita bila kita open mind, pasti akan lebih terdorong kita untuk melakukannya

      Delete

About Me

My photo

i want to make a friend for everyone.....

i'd love to be your friend