Sunday, October 30, 2016

TRIK TERHINDAR DARI VANDALISME MESIN ATM

Entah memang manusianya, atau keadaan yang memaksa, tindakan-tindakan Vandalisme ini sering sekali terjadi dalam lingkungan kita. Kalo pengertian Vandalisme itu sendiri adalah suatu sikap kebiasaan yang dialamatkan kepada bangsa Vandal, pada zaman Romawi Kuno, yang budayanya antara lain: perusakan yang kejam dan penistaan terhadap mutu segala sesuatu yang indah atau terpuji. Tindakan yang termasuk di dalam vandalisme lainnya adalah perusakan kriminal, pencacatan, grafiti yang liar, dan hal-hal lainnya yang bersifat mengganggu. (sumbernya disini)

Vandalisme ini dilakukan untuk merusak keindahan, melakukan coretan, pengerusakan dengan sengaja segala fasilitas umum yang telah disediakan dalam artian mungkin sebagai wujud protes atau rasa ketidakpuasan terhadap sesuatu.

Namun yang belakangan ini terjadi, adalah tindakan vandalisme yang bertujuan untuk mencari keuntungan pribadi atau keuntungan kelompok tertentu saja. Misalnya, belakangan ini banyak sekali Mesin ATM yang divandalis dengan tujuan untuk mengelabui pengguna mesin ATM tersebut. Banyak sekali yang telah dilakukan, salah satunya memberikan perekat pada tombol-tombol pada mesin ATM, sehingga saat korban memasukkan kartu ATMnya, si korban akan kebingungan karena kartu telah didalam mesin namun tombol mesin tidak dapat digunakan. Disinilah pelaku Vandalisme bertindak seolah-olah menjadi “pahlawan” buat si korban dengan mencoba menolong padahal si pelaku menukarkan kartu si korban, dengan terlebih dahulu meminta korban untuk memberitahukan PIN ATMnya, sehingga setelah si korban merasa kartunya kembali dan meninggalkan “pahlawannya” dimesin beserta kartu ATMnya yang sebenarnya ikut dengan nomor PIN. Disinilah pelaku akan segera pindah ke mesin ATM yang lain dan mentransfer semua saldo korbannya kerekeningnya dan segera melakukan penarikan sampai saldo tabungan sikorban akan menjadi saldo minimal. Kenapa dia bisa mendapatkan kartu ATM si korban, padahal tombol-tombol telah diberi perekat? Nah, disini mungkin ketidaktahuan korban dan masyarakat awam. Secara keseluruhan mesin yang di tidak mendapat perintah dari pengguna setelah kartu dimasukkan, akan dengan sendirinya mengeluarkan kartu ATM tersebut. Jadi ndak perlu panik sebenarnya, karena setelah kira-kira 60 detik mesin tidak menerima perintah dari pengguna setelah kartu masuk, mesin akan mengeluarkan kartu tersebut dengan sendirinya. Nah setelah korban meninggalkan kartunya, si pelaku tadi akan menunggu kartu sikorban keluar dan mengambilnya dan dengan segera melakukan transfer rekening  korban kerekeningnya dan segera menarik dana tersebut.

Buat semua teman yang mungkin suatu saat menghadapi masalah ini dan akan menjadi korban si pelaku vandal ini, mungkin trik ini dapat membantu :
1.       Bila menemukan Mesin ATM yang telah diberi perekat pada setiap tombolnya, dan sudah terlanjur memasukkan kartu ATMnya, jangan panic, tunggu saja sekitar 60 detik kurang lebih, kartu akan keluar dengan sendirinya.
2.       Jangan pernah percaya dengan nomor HP yang tertera di sekitar mesin ATM, caritahulah nomor call center resmi Bank tempat kita menabung, dan laporkanlah bila kartu kita memang tidak keluar lagi kepada petugas Call Center resmi tersebut
3.       Jangan percaya dengan orang disekitar anda saat kita berada di ruangan ATM, walaupun dia mengatasnamakan petugas atas Bank pemilik mesin ATM tersebut.
4.       Jangan panik, sehingga kita tidak mudah untuk dihipnotis
5.       Dan yang paling penting, jangan pernah memberikan nomor PIN kartu ATM kita kepada siapapun itu.

Mudah-mudahan dengan begitu, kita terhindar dari tindak kejahatan pelaku vandalisme ini, dan yang penting dana tabungan kita akan tetap aman.

11 comments:

  1. terima kasih atas informasinya mas, semoga kita semua terhindar dari vandalisme ATM ini, krn makin banyak kejahatan ATM sekrang :)

    ReplyDelete
  2. sekarang ini banyak modus penipuan ATM, makasih mas infonya, dengan ini kita bisa lebih berhati hati

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia, yang paling penting jangan panik dan tetap menjaga kerahasiaan PINnya. Mudah2an terhindar dari ulah orang2 yg tdk bertanggung jawab tersebut

      Delete
  3. Kalau ada masalah mending langsung hubungi bank saja ya mas kadang sudah panik duluan jadinya kena vandalisme padahal logikanya kalau dibiarkan saja di mesin ATM akan tetap aman asal kerasahasiannya dijaga toh Kartu ATM bisa diurus lagi

    ReplyDelete
  4. Lagi2 sikap waspada dan tidak lengah saat transaksi menggunakan ATM perlu kita tingkatkan lagi ya bang, agar terhindar dari hal2 yang merugikan....

    ReplyDelete
  5. beruntung banget saya baca artikel ini,

    ReplyDelete
  6. informasi sangat penting khususnya bagi orang awam yang mudah panik ketika kartu ATM tertelan (istilah ATM nggak balik lagi), dengan mengetahui informasi ini mudah-mudahan awam tidak mudah panik akan hal tersebut.
    langsung di share kan nih artikel teh...yu

    ReplyDelete
  7. bener pak.. terutama untuk orang-orang yg masih awam dengan mesin atm. mamak saya aja klo ke atm masih harus ditemeni, karena takut kalau ada apa2 di atm katanya

    ReplyDelete
  8. Saya dulu pernah mengalami hal ini karena masih belum bisa menggunakan mesin atm hehehe :D

    ReplyDelete
  9. harus berhati-hati ketika menggunakan ATM, klo saya sendri lebih senang menggunakan ATM di dekat Kantor Cabang, karena ada satpamnya

    ReplyDelete

About Me

My photo

i want to make a friend for everyone.....

i'd love to be your friend