Monday, February 28, 2011

ATASI STRES DITEMPAT KERJA

Seorang pekerja pasti pernah mengalami stres...Terlebih lagi rutinitas dan pekerjaan yang menumpuk yang rasanya tak pernah ada selesainya, akan membuat seorang pekerja itu bertambah stres ditempat kerja...

Kalo cara yang paling enak ngilangin stres, ya liburan.....namun liburan, sudah tentu membutuhkan biaya yang harus kita korbankan, dan mungkin saja kita makin stres, karena sisa tabungan menipis setelah liburan...

Namun, apapun ceritanya, pasti kita tetap mengalami stres ditempat kita bekerja pada saat jam kerja,...bagaimana ya mengatasinya...??


Beberapa sumber yang saya baca memberikan sedikit inspirasi kepada saya diantaranya:

  1. Setiap stres datang, tentu dada akan terasa sesak,nah sesak inilah yang biasanya akan menambah stress. Saat pikiran stress datang, cobalah untuk menarik nafas dalam-dalam sambil memejamkan mata, perlahan pikiran kita akan mulai sedikit tenang, karena adanya pasokan oksigen dalam tubuh kita.
  2. berpikirlah yang positif, segala bentuk pikiran yang positif, tentunya akan membawa kita ke arah yang positif juga. Sehingga segala bentuk pikiran yang ada pada kita tidak akan membawa kita kepada pikiran jelek, sehingga stress itu bisa dihindari.
  3. jangan pernah menunda pekerjaan, sebab pekerjaan yang tertunda akan membuat kita terburu-buru untuk menyelesaikannya, semakin cepat suatu pekerjaan diselesaikan, akan membuat perasaan kita semakin tenang.
  4. jalin hubungan yang baik dengan semua rekan kerja anda. Sehingga dengan perasaan yang bersahabat dengan orang-orang sekitar kantor akan membuat kita dengan senang hati melaksanakan setiap pekerjaan dikantor. Terlebih kita memusuhi atasan kita, pasti lebih stress kita bila udah tiba dikantor.
  5. untuk lebih memudahkan pekerjaan anda, ada baiknya untuk menyusun jadwal kegiatan anda setiap hari, sehingga alur-alur kerja dapat diselesaikan, tanpa harus membebankan pikiran kita.
  6. cobalah menghibur diri sendiri bila terjadi suatu hal yang tidak mengenakkan hati. Sebab yang dapat menghibur dirikita adalah diri kita sendiri. Bila kita mampu untuk menghibur diri kita sendiri, tentunya tidak ada satupun yang dapat membuat kita stress. Boleh juga dengan pergi bersama teman-teman, ngobrol di cafe, nonton bareng-bareng, selain untuk menambah keakraban juga dapat menghilangkan penat otak ataupun penat badan anda.
  7. Konsumsilah makanan yang bergizi, sehingga dengan makanan bergizi akan menambah kesehatan kita untuk berpikir
cobalah untuk menjalankannya, mudah-mudahan kita dapat mengatasi stress ditempat kita bekerja, sehingga produktifitas kita dapat lebih ditingkatkan

15 comments:

  1. tipsnya keren dan tepat buat pekerja kayak saya ini mas,, makasih,, :)

    ReplyDelete
  2. @4541930406607109203.0
    thanks mbak,....

    ReplyDelete
  3. Saya suka tips yang nomer enam Mas, menghibur diri sendiri, hehe..

    ReplyDelete
  4. @4574695673311004846.0
    betul masbro, mampu menghibur diri sendiri berarti mampu menerima setiap situasi yang berlaku di sekitar kita....

    ReplyDelete
  5. Aku suka sekali poin terakhir, konsumsi makanan bergizi.
    Dengan makan yang cukup, maksudnya tidak kelaparan dan menahan makan, pasti kita punya energi yang cukup untuk tetap eksis di tempat kerja.

    ReplyDelete
  6. @3613427446110830357.0
    yup....makanan bergizi berpengaruh dengan cara berpikir kita....thanx..

    ReplyDelete
  7. yuuuup....kurangi/hilangkan stress agar kita bisa lebih produktif

    ReplyDelete
  8. untungnya saya jarang stress di tempat kerja mas.. wong blm kerja :D

    ReplyDelete
  9. ya, merupakan tantangan istimewa, saat bisa menghadapi setiap masalah dengan sikap senang dan pikiran tenang... :)

    ReplyDelete
  10. @8648407957302337295.0
    thanx bro/sis

    ReplyDelete
  11. @6792190205628328594.0
    produktifitas lebih tinggi, so pasti income juga tinggi.....hehehehe

    ReplyDelete
  12. @8945003888842269508.0
    stress bisa melanda kita dimana aja mas, ndak cuma ditempat kerja.....

    ReplyDelete
  13. @4628524516694135562.0
    benar bli....btw...mat Hari Raya Nyepi buat Bli sekeluarga...

    ReplyDelete
  14. Jangan sampai stressnya bikin stress ! Bukan begitu ?

    ReplyDelete

About Me

My photo

i want to make a friend for everyone.....

i'd love to be your friend