Saturday, November 26, 2011

Disabilitas dan Pandangan Masyarakat

Disabilitas? Apa sebenarnya itu?

Pertama sekali mendengar kata tersebut dari komen mas endipiran pada artikel ku sebelumnya, membuat aku sedikit penasaran. Karena memang aku sedikit asing dengan kata tersebut. Namun setelah aku coba browsing sana sini, dan akhirnya aku menemukan juga apa maksud dari kata ini.

Menurut om wiki, disabilitas adalah merupakan kelainan pada organ tubuh makhluk hidup yang seharusnya tidak dimiliki oleh suatu organ tersebut atau luar biasa cute. Program Kebijakan Pemerintah bagi Penyandang Cacat cenderung berbasis belas kasihan (charity), sehingga kurang memberdayakan penyandang cacat untuk terlibat dalam berbagai masalah. Kurangnya sosialisasi peraturan perundang-undangan tentang penyandang cacat menyebabkan perlakuan stakeholder unsur pemerintah dan swasta yang kurang peduli.

Terkadang kita tidak menyadari begitu kita melihat orang-orang yang mengalami disabilitas, kita seolah-olah berkata “kasian” didalam hati kita, namun tidak ada sedikit pun niat kita untuk membantu mereka. Seolah memang pikiran kita hendak membantu mereka dan merasa iba, dan hanya perasaan iba, tanpa ada aksi sedikit pun. Dan memang, masih seperti itulah anggapan kita kepada orang-orang yang mengalami disabilitas ini. Kita terkadang hanya merasa iba, kasihan, dan sedih melihat keterbatasan mereka.

Kadang yang paling membuat kita menjadi semakin iba adalah apabila mereka hanya dapat mencari nafkah dengan meminta sedekah di perempatan jalan kota, yang memang mungkin, mereka merasa tidak mampu lagi untuk mencari nafkah dengan kondisi yang mereka alami tersebut.

Namun, apakah rekan-rekan pernah di berikan semangat oleh orang-orang disabilitas. Tentunya rekans merasa aneh, apa mungkin orang disabilitas dapat memotivasi orang yang benar-benar hidup dengan abilitas? Apabila kita melihat mereka berjuang dengan kesungguhan hati mereka, dan mereka merasa tidak terganggu dengan ke disabilitas-an mereka, tentunya itu dapat memberikan semangat kita yang membara-bara. Pastinya kita akan berpikir, “dia dengan keterbatasan yang mereka alami saja mampu untuk melakukannya, bagaimana dengan saya?” semua itu dapat kita lihat pada video berikut.



Bagaimana perasaan rekans semua setelah melihat video ini? Mengharukan sekaligus memang benar-benar menyadarkan kita, bahwa tidak ada sedikit alasan pun pada kita untuk hanya menyerah pada keadaan yang kita alami.

Sungguh mengejutkan memang, seorang Nick Vujicic, benar-benar hidup dengan semangatnya, dan menyatakan dengan tegas kepada kita, “Never Give up”.  Nick dengan keterbatasan yang ada padanya, mencoba bangkit saat dia terjatuh, dan dengan usaha yang sungguh-sungguh dia dapat bangun saat dia terjatuh.

Dari video tersebut juga kita dapat menyadari bahwa sebenarnya, kita tidak perlu memandang remeh ataupun memandang hina mereka yang hidup dengan disabilitas tersebut. Karena memang sebenarnya mereka memiliki sebuah kemahiran yang mungkin saja tidak kita temui pada orang-orang yang terlahir sempurna.

Dan apabila kita orang-orang abilitas ini, dapat mengarahkan mereka untuk mengeluarkan keahlian mereka, tentunya kita tidak perlu lagi melihat mereka hanya meminta-minta di perempatan jalan. Bisa saja, mereka memang belum menemukan sesuatu yang terbaik, yang dapat diandalkan pada diri mereka. Sehingga mereka merasa terpaksa menjalani hal tersebut untuk membuat mereka dapat bertahan hidup.

Apa yang sebenarnya dapat kita lakukan bagi penyandang disabilitas ini? Itulah mungkin pertanyaan yang muncul pada diri kita.

Menurut aku, tidak usah terlalu muluk deh. Dengan menganggap mereka adalah makhluk ciptaan Allah juga, dan selalu memberikan penghargaan yang terbaik buat mereka, tentunya kita dapat membuat mereka untuk lebih bersemangat lagi dalam menjalani kehidupan mereka. Kita tidak perlu untuk menghina mereka karena ke disabilitas-an mereka.

Dengan banyak membaca artikel-artikel tentang kegiatan yang dijalankan oleh penyandang disabilitas tersebut, tentunya kita akan dapat semakin memahami, bahwa mereka adalah makhluk ciptaan Allah, yang juga harus kita dukung dan sayangi. Bukan hanya sebatas ucapan dalam hati “kasihan”. Artikel-artikel tersebut biasanya banyak ditulis di kartunet.com. Dimana website tersebut juga adalah hasil karya para tuna netra (kartunet).Website ini adalah website independent, yang tidak terikat kepada lembaga apapun juga.

Mungkin memang selama ini kita tidak menyangka, kalau seorang penyandang disabilitas tersebut dapat membuat sebuah karya yang begitu menarik. Nah, pada website kartunet.com ini, kita bias melihat karya-karya para tuna netra, baik dari syair puisi, cerpen, tulisan ilmiah dan masih banyak lagi hal-hal yang menarik yang dapat kita baca pada situs ini. Memang tidak semua artikel pada situs ini adalah hasil karya penyandang disabilitas, ada juga tulisan-tulisan yang ada di dalam adalah tulisan orang abilitas.

Harapan yang dapat disandarkan untuk kartunet.com

Sangat diharapkan, kartunet.com ini dapat memberikan inspirasi yang terbaik untuk orang abilitas agar lebih memaknai hidup kebersamaan di dunia ini. Karena memang dunia ini adalah tempat yang diciptakan Allah untuk saling berbagi dan bukan untuk saling mencemooh, terlebih kepada orang-orang penyandang disabilitas.

Dan juga bagi penyandang disabilitas sendiri, dengan adanya artikel-artikel tentang disabilitas pada website ini, dapat membuat membuat mereka lebih bersemangat lagi dalam menjalani kehidupan mereka. Dan tidak perlu merasa bahwa kekurangan mereka adalah hukuman yang diberikan Allah kepada mereka, namun adalah petunjuk dari yang Maha Kuasa, agar lebih menunjukkan kemampuan talenta yang diberikan kepada mereka.

13 comments:

  1. luar biasa mereka. Itulah adilnya Tuhan, masing-masing diberi kekurangan dan kelebihan, tergantung bagaimana cara kita menggunakannya saja.
    Kalau pandai bersyukur dan menggali potensi yang ada, jangan heran jika mereka yang menurut kita memiliki keterbatasan, justru malah lebih baik dari kita.

    ReplyDelete
  2. benar sekali mas, kalo kita terlalu terlena, bisa saja mereka memang jauh lebih baik dari kita

    ReplyDelete
  3. sudah seharusnyalah kita bisa selalu memberikan penghargaan yang terbaik buat mereka

    ReplyDelete
  4. beberapa blogger sudah mulai menggunakan istilah disabilitas daripada kata TUNA apalagi CACAT. semoga mereka yang mengalami disabilitas dapat terus semangat menjalani hidup ini.
    keep spirit
    keep smile

    ReplyDelete
  5. udah sering lihat tuh motivator.. emang keren yak dia ini.. selalu semangat walau berkekurangan.. dan hebatnya dia serba bisa!!

    ReplyDelete
  6. sukses untuk artikelnya dan saya juga punya harapan yang sama terhadap kartunet

    ReplyDelete
  7. bukti bahwa blogger sudah mengakui mereka, thanks..

    ReplyDelete
  8. saya sering terharu bila memperhatikan video2nya dia....salut

    ReplyDelete
  9. Informasinya cukup menntang gan.. Para disabilitas di Indonesia banyak yang berprestasi lho ... Pandangan masyarakat Indonesia untuk para penyandang disabilitas disekarang ini kurang sempurna, hargailah para penyandang disabilitas untuk mewujudkan Indonesia damai dan sejahtera.

    ReplyDelete
  10. ya. mari kita saling menghargai seluruh karya Tuhan, karena biar bagaimanapun, kita tidak boleh memandang kaum disabilitas lebih rendah dari kita

    ReplyDelete
  11. selama ini kita juga menganggap mereka sama kok.. Semoga sukses yaa

    ReplyDelete

About Me

My photo

i want to make a friend for everyone.....

i'd love to be your friend