Monday, April 16, 2012

KRITIK DAN PUJIAN

Setiap pekerjaan pasti tidak dapat dikerjakan dengan 100% sempurna. 
Pasti sedikit banyaknya pasti menemukan sedikit kesalahan dan diperlukan adanya perbaikan. Kesalahan-kesalahan tersebut dapat kita minimalisir dengan adanya keseriusan kita didalam menyelesaikan pekerjaan tersebut.

Arahan-arahan dari atasan kita juga diperlukan untuk mencapai kesempurnaan suatu pekerjaan tersebut. Yang kita perlukan sebagai seorang pekerja atau karyawan adalah membandingkan arahan atasan tersebut dengan rencana kerja yang telah kita rancang dan peraturan-peraturan yang ada.

Hanya saja, sebagian bos-bos kita memang tidak mengenal arahan, hanya mengerti perintah dan hanya bisanya memberikan kritik yang sangat pedas dan menyakitkan. Sehingga kadang melemahkan motivasi kita sebagai pekerja di perusahaan tersebut. Anehnya lagi bos-bos kita bila kita minta pengarahan dari mereka, mereka tidak dapat memberikannya, namun untuk menilai pekerjaan yang kita selesaikan baik atau tidak, mereka dapat dengan langsung memberikan penilaian yang sangatlah keras dan menyakitkan. Seharusnya bila memang mereka mampu untuk menilai suatu pekerjaan tersebut baik atau tidak, pada saat pekerjaan tersebut akan diselesaikan mereka dapat memberikan suatu masukan atau suatu saran yang terbaik agar pekerjaan tersebut dapat diselesaikan pekerja sesuai dengan yang bos-bos harapkan.

Namun ternyata bos-bos sekarang ini hanya tahu beres. Tanpa ada koordinasi, hanya perintah dan berharap selesai tanpa ada masalah. Dari pengalaman ini dapat kita simpulkan bahwa, sebaiknya memang kita juga harus mengenal kepribadian bos kita agar, setiap tugas yang diserahkan dapat kita selesaikan sesuai dengan selera mereka.

Parahnya lagi, sekarang ini sangatlah sulit untuk mendapatkan suatu kata-kata pujian atas hasil pekerjaan yang kita selesaikan. Jangankan kata pujian, ucapan terima kasihpun kadang terasa mahal di kantoran sekarang ini. Padahal kalo bos-bos kita mau memberi kata pujian atas hasil pekerjaan yang kita selesaikan, tentunya kita sebagai pekerja akan lebih semangat lagi dalam menjalankan tugas-tugas kita. Karena memang kata-kata pujian itu adalah suatu kata yang paling mujarab untuk menambah kinerja seorang pekerja.

Jadi manatau ada seorang bos yang baca tulisan ini, mudah-mudahan menyadari bahwa bawahan juga manusia yang punya perasaan, tidak usah terlalu ganas untuk mengkritik, namun sebisa mungkin memberikan arahan yang terbaik, dan bila bawahan sudah menyelesaikan pekerjaannya berilah kata pujian yang dapat menambah semangat pekerja tersebut agar dapat menyelesaikan pekerjaan lebih baik lagi.


8 comments:

  1. untunglah saya masih tidak punya bos.. hehehehe..
    nice post :D

    ReplyDelete
  2. Yah namanya Bos seperti itu. Beda kalau atasan yang ndak bossy. Syukur pimpinanku orangnya bijak, walaupun jarang mendapat pujian, tapi ucapan terima kasih sudah membuat aku tambah semangat.

    ReplyDelete
  3. Pengennya si jadi bos untuk usaha sendiri mas, namun belum tau mau buka usaha apaan.

    ReplyDelete
  4. ucapan terima kasih, juga salah satu dari pujian mas, menunjukkan bahwa pekerjaan kita dihargai

    ReplyDelete
  5. kritik untuk kemajuantidakapa2 ya pak

    ReplyDelete
  6. tul mbak, asal kritikannya tidak menyakitkan, pasti semua akan menjadi lebih baik lagi

    ReplyDelete
  7. Lha, sampeyan kan bisa mendapatkan pinjaman lebih mudah mas...

    ReplyDelete

About Me

My photo

i want to make a friend for everyone.....

i'd love to be your friend