Tuesday, June 19, 2012

PELAYANAN

Perasaan Puas dan Kecawa, yang kita rasakan erat sekali hubungannya dengan pelayanan. Kita selalu memandang bahwa pekerjaan pelayan adalah pekerjaan rendahan. Dan biasanya menjadi pilihan paling akhir dalam mencari pekerjaan, dan sebisa mungkin untuk menghindari pekerjaan ini. Padahal sebenarnya inti dari setiap pekerjaan adalah pelayanan. Jadi setiap orang pasti bekerja menjadi pelayan dalam setiap pekerjaannya. Dan bila ingin menjadi pekerja yang sukses dalam karir, tentunya harus dapat melayani setiap permintaan orang-orang yang berhubungan langsung dengan pekerjaannya.
Kita lihat bahwa setiap perusahaan saat ini, begitu serius didalam menangani masalah pelayanan. Terutama perusahaan komersial yang berhubungan langsung dengan pelanggan, seperti fast food dan perbankan. Sampai-sampai sekarang sudah ada perusahaan yang khusus memberikan pelatihan dan menjadi rekanan didalam menjalankan pelayanan ini. 

Memang pals, peran pelayanan dalam perusahaan, apapun bentuk perusahaan itu sangatlah menentukan. Pelayanan yang dapat menyenangkan dan memuaskan costumer, pasti akan membuahkan hasil yang sangat memuaskan juga. Karena ciri orang yang terpuaskan dan orang yang kecewa akan sama dalam hal ungkapan yang diberikan. Orang yang merasa terpuaskan pasti akan berbicara kesana kemari memberitakan kepuasannya, demikian juga halnya bila dia mengalami kekecewaan.

Bial hal yang disampaikan seorang costumer yang dipuaskan tersebut didengar oleh orang lain, sudah pasti ini adalah marketing atau pemasaran yang paling efektif dan paling irit biaya. Costumer yang puas pasti akan selalu menjadi duta pemasaran yang fanatik bagi perusahaan kita, sementara costumer yang kecewa sudah pasti akan menjadi duta pemasaran yang baik bagi rival kita.

Demikian juga didalam lingkungan internal, bila kita memang mampu untuk melayani setiap rekan kerja kita didalam sekitar ruang kerja kita, pasti rekan kerja tersebut akan menjadi duta terbaik untuk kita agar segera dipromosikan untuk menduduki jabatan yang lebih tinggi. Karena bila rekan kerja kita banyak yang kecewa atas pelayanan yang kita berikan tentunya mereka akan memberikan rekomendasi yang negatif kepada atasan kita maupun kepada rekan kerja yang lainnya.

Pelayanan internal yang saya maksud disini adalah pelayanan dari hal yang bersifat positif, bukan pelayanan yang diberikan hanya semata untuk "lips service" ataupun hal yang aneh-aneh. Layani lah para atasan dengan kinerja yang terbaik, berikan apa yang mereka butuhkan dan harapkan didalam pekerjaan, sehingga mereka bisa segera puas dan benar-benar dapat memberi kesempatan yang terbaik untuk karir kita.  Saya sangat yakin bila bos tersebut dapat dipuaskan dengan pekerjaan kita, tentunya mereka juga pasti akan memikirkan tindakan apa yang mereka akan lakukan agar rasa puas mereka dapat impas.

Yuk kita layani mereka pals....

21 comments:

  1. bener kata ente emank kepuasan seseorang terletak di pelayanan seseorang atau orang lain kepada kita

    ReplyDelete
  2. Ada yang bilang 'pelayanan adalah kontribusi yang utama'. Dari mulai pemimpin, pengikut atau khalayak seharusnya memang memprioritaskan hal ini. Apalagi untuk para pebisnis atau penggiat perdagangan, pelayanan adalah hal yang mutlak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju pals....inti utama jalannya suatu bisnis adalah pelayanan

      Delete
  3. Ya, pada dasarnya manusia itu ingin dilayani. Jadi melayani siapapun, apalagi rekan kerja kita tentu menjadi sebuah keharusan agar dapat melayani klien kantor ^_^

    ReplyDelete
  4. Yang sering kita temui, pelayanan di instansi pemerintah biasanya lebih "jeblog" dibanding layanan swasta. Ini yang saya rasakan.

    Kinerja orang swasta secara rata2 masih di atas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. setiap orang yang merasa dibutuhkan biasanya kurang tulus dalam pelayanan mas, instansi pemerintah biasanya merasa dibutuhkan orang banyak, jadi mereka sering ogah2an dalam melayani, padahal seharusnya merekalah pelayan kita dalam bidang pemerintahan

      Delete
  5. Cocok ini buat ngiklan TRAINING, tapi saya (belum) jadi Trainer, :-P

    ReplyDelete
  6. sebagai Pedagang, saya merasakan bahwa Pelayanan yang melegakan merupakan kunci utama memikat pelanggan agar merasa nyaman dan belaja dengan perasaaan senang yang dengan itu Pelanggan bisa kembali ke lapak kita dengan sukarela

    ReplyDelete
    Replies
    1. sip, Kies...semua butuh dilayani dengan baik, agar harapan kita dalam penjualan dapat kita capai

      Delete
  7. Pelanggan Puas, Penjual juga Puas hehehe
    saling melengkapi,

    ReplyDelete
  8. Pelayan juga penting bgt bagi sy.. Sebuah harga barang menjadi sangat pantas kalo pelayanannya memuaskan.. Sbg konsumen sy juga tdk akan balik lagi ke produk/jasa tsb kl pelayanannya menyebalkan..

    ReplyDelete
  9. customer adalah raja,,,pelayanan mantep, pelanggan puas,,,

    ReplyDelete
  10. Sebagai seorang pekerja di bidang marketing, saya sellau memastikan bahwasannya klien mendapatkan pelayanan terbaik saya walaupun tempat saya bekerja adalah perusahaan manufacture.

    Karena jujur, dengan pelayanan yang baik seperti yang diaktakan di atas mempermudah kita team marketing karena tanpa harus mengeluarkan cost yang lebih untuk promosi orang udah nyari kita. Pelayanan bisa dalam bentuk apa saja, tak hanya service tapi edukasi akan sebuah product itu :)

    salam,

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju kali aku pal....tiap usaha yang pengen maju sudah seharusnya mengandalkan pelayanan mereka

      Delete
  11. jurus jitu buat seorang marketing....mengutamakan pelayanan.

    ReplyDelete
  12. Pak, masalahnya pekerjaan yang melayani secara langsung seperti pelayan resto, toko atau rumah tangga, gajinya kecil sih..Makanya pekerjaan ini gak punya gengsi dan kalau bisa orang akan menghindarinya..
    Beda kalau pekerjaan melayani tersebut bergaji besar atau berpenghasilan besar, orang pasti dengan suka cita menjalaninya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang dari segi salary itu sangat kecil, tapi ini bisa menjadi pembelajaran buat kita untuk lebih bisa ngelayani dengan baik, mana tau dengan pelayanan yang terbaik kita lakukan kepada costumer akan menyenangkan bos, dan diangkat menjadi supervisor, pasti gajinya juga makin besar bukan? btw ini sepertinya cocok untuk artikelku berikutnya....thanks...

      Delete
  13. Kalau ukuran kita masih besar dan kecilnya uang yang akan didapat dari sebuah pelayanan, memang susah buat memberikan pelayanan terbaik bagi banyak orang...
    ;)

    ReplyDelete

About Me

My photo

i want to make a friend for everyone.....

i'd love to be your friend