Monday, March 19, 2012

PUAS VS KECEWA

Pernah merasa puas? Pernah juga dikecewakan? Mana lebih sering, Rasa Puas atau rasa Kecewa? 
Perasaan -perasaan tersebut tentunya selalu kita hadapi, terkadang merasa puas, terkadang merasa kecewa.

Apa sih sebenarnya rasa puas itu? Rasa puas adalah rasa dimana keinginan, harapan dan kebutuhan kita dapat terpenuhi. Bila semuanya itu terpenuhi maka perasaan kita serasa lebih plong. Dan kita akan merasa lebih baik. Tidak ada yang mengganjal dalam kehidupan kita. Orang yang merasa puas akan terpancar dari raut wajah yang berseri-seri dan seakan tidak ada yang mengganjal pikirannya.


Sebaliknya, kecewa adalah kondisi dimana keinginan, harapan dan kebutuhan kita yang tidak dapat terpenuhi.Baik oleh kita sendiri ataupun dari lain pihak.
 
Bila kita dapat merasa puas, tentunya kita ingin sekali hal tersebut dapat terjadi berulang-ulang terhadap kita. Sebagai contoh, bila kita puas dengan pelayanan sebuah rumah makan, tentunya kita selalu mengingat rumah makan tersebut dan ingin terus kembali ketempat tersebut. Singkatnya loyalitas kita terhadap rumah makan tersebut dapat meningkat. Begitu pula dengan dunia kerja. Setiap kepuasan yang kita ciptakan kepada bos kita, tentunya bos tersebut akan selalu memberikan perhatian kepada kita pada setiap ada kesempatan untuk peningkatan karier kita.

Namun bila kekecewaan timbul pada atasan kita karena pekerjaan yang dipercayakan kepada kita tidak dapat kita selesaikan dengan baik, tentunya jangan pernah kita berharap untuk mendapatkan suatu peningkatan karier yang terbaik, malah akan lebih menjauhkan kita dari karier yang gemilang.

13 comments:

  1. Okeee hihi yang penting fokus sama usahanya kali ya.
    Biar nda kecewa @_@

    ReplyDelete
  2. ya gitu deh, banyak keinginan ya banyak kecewa
    apalagi kalau tak ada usaha mewujudkan keinginan itu

    me bage kapndu Pal :D

    ReplyDelete
  3. Bagi saya kepuasan dan kekecewaan itu datangnya silih berganti. Yang paling penting jangan terlalu larut dengan kepuasan apalagi kekecewaan yang menimpa.

    ReplyDelete
  4. kembali ke keinginan pals, makanya semampu mungkinlah kita membuat keinginan kita. bila kita merasa tidak mampu untuk menggapainya, buatlah keinginan yang sederhana saja agar kita tidak kecewa alias puas

    ReplyDelete
  5. bila kita memang merasa kurang puas, cobalah menenangkan diri agar rasa kecewa itu dapat sirna, namun kalo udah puas tentunya jangan terlalu puas, karena bila sedikit mengecawakan akan membuat kita terpukul lebih lama lagi.

    ReplyDelete
  6. semuanya pastipernah merasakan puas dan kecewa tidak bisa dihindari

    ReplyDelete
  7. yup, silih berganti, namun sikapilah kekecewaan dengan baik agar tidak kekecawaan kita tidak menyesatkan.

    ReplyDelete
  8. tapi keduanya bisa di ambil jadi pengalaman kan sob ^^

    ReplyDelete
  9. sip....setuju pals

    ReplyDelete
  10. Kalo kata dosen saya, kepuasan dan kekecewaan itu berbanding lurus dengan ekspektasi atau harapan. Semakin besar harapan, maka semakin besar pula kepuasan yang didapat jika berhasil, namun juga besar kekecewaan yang didapat jika gagal. :)

    Itu kata dosen saya, kalo kata saya sih puas itu adalah ketika bikin artikel dan ada yang komentar. Kecewa adalah ketika artikel saya dicopy paste tanpa ijin, tanpa sumber pula. Ampun... :D

    ReplyDelete
  11. haahaaa.....sip pals, setuju, saya juga puas dengan komentar rekans pada artikelku, thanks

    ReplyDelete
  12. puas dan kecewa bagian dari hidup

    ReplyDelete

About Me

My photo

i want to make a friend for everyone.....

i'd love to be your friend