Sunday, July 15, 2012

Jual Diri???

Apa? Aku harus bisa jual diri? Apa yang ada dibenak impal/sobat semua, bila ada yang mengatakan anda harus "Jual Diri" biar bisa sukses.

Kadang kita selalu berpikir negatif waktu memaknai arti kata jual diri. Yang ada dipikiran kita adalah orang-orang yang gagal dalam kehidupannya (biasanya kaum perempuan) yang lalu "menjajakan" tubuhnya kepada orang lain. Memang ngak salah juga sih. Namun menurutku itu adalah sisi negatif dari kita untuk memaknai arti kata "jual diri" tersebut dan itu diartikan secara fisik saja. Tapi sebenarnya ada makna yang lebih mendalam tentang "Jual Diri" ini. 

Jual diri yang kumaksudkan disini adalah bagaimana kita dapat memperkenalkan diri kita kepada orang-orang yang ada disekitar kita, sehingga orang lain dapat dengan jelas mengenal siapa kita, apa kemampuan kita dan apa kemauan kita.  


Kemampuan dalam menjual diri, sangatlah diperlukan saat kita melakukan pembicaraan ataupun wawancara. Mengapa banyak sekali orang yang mencoba meramal pekerjaan dan setelah melewati test tertulis sesulit apapun dan ternyata kalah pada saat wawancara. Bagitu juga pada saat wawancara kenaikan jabatan. Karena kurang mampunya seseorang tersebut untuk menjual diri mereka sehingga para pewawancara tidak dapat menemukan apa sebenarnya yang menjadi keinginan peserta wawancara tersebut. 


Didunia kerja, kemampuan menjual diri ini bukan hanya diperlukan pada saat wawancara. Dengan menunjukkan hasil kinerja yang terbaik dalam setiap pekerjaan tentunya kita dapat menjual diri kita dengan baik kepada pimpinan di perusahaan. Kemampuan bersosial di lingkungan kerja juga bagian dari "jual diri" ini. Dengan seringnya kita mencoba untuk berinteraksi dengan lingkungan kerja, baik rekan sekerja, bawahan ataupun atasan, kita juga sudah menjual diri kita. Sehingga orang di sekitar lingkungan kerja sangat mengenal kita, mengetahui kemampuan apa yang kita miliki, sehingga pada saat ada kebutuhan perusahaan atas suatu jabatan, yang sesuai dengan keahlian kita, para teman sekerja terlebih atasan kita langsung mengetahui bahwa kitalah orang yang tepat untuk mengisi jabatan tersebut. 


Namun yang jelas kita bisa "menjual diri" kita dengan baik bila kita juga memiliki sdm yang baik juga. Bagaimana meningkatkan SDM? ya tentunya banyak membaca, banyak belajar dan yang pasti perbanyaklah waktu untuk Blogwalking. Loh, Blogwalking? apa nyambung ya?  Iya. dengan BW banyak ilmu yang kita peroleh, dan ilmu tersebut dapat kita pakekan untuk bekal pengetahuan kita untuk mampu berbicara dengan siapa saja, sehingga kita bisa benar-benar mampu menjual diri kita.


Seorang Sales marketing, bila tidak mampu untuk menjual dirinya terlebih dahulu, tentunya dia tidak akan mampu untuk menjual apa yang diperdagangkannya. Tentunya dia akan mendapat penolakan dari orang-orang dan tidak akan pernah bisa mempresentasekan barang jualannya kepada orang lain. Gimana bisa SALES?


Jadi pals, mulailah memperdalam kemampuan sdm yang ada pada kita, sehingga kita bisa menjual diri kita kepada orang disekitar kita dengan lebih baik, tingkatkan juga kemampuan kita agar lebih mampu didalam menjalankan tugas dengan baik sehingga banyak orang yang akan ingin "membeli" kita dengan harga yang sangat mahal.


Selamat menjual pals

23 comments:

  1. kerja apapun sebenarnya sama dengan menjual diri
    seolah kantor telah membeli hampir sebagian hidup kita
    sampai kadang hak hak karyawan terlupakan

    ReplyDelete
    Replies
    1. seolah-olah ya mas, tapi mas sekarang sudah ada serikat pekerja, jadinya hak karyawan tidak lagi bisa dilupakan oleh perusahaan

      Delete
  2. menjual diri itu tidak hanya bersifat negatif kok, kita menual jasa juga bentuknya menjual diri kan tapi dalankonteks positif

    ReplyDelete
    Replies
    1. bila kita mampu menjual diri kita, tentunya orang lain juga tau apa yang kita inginkan kan mbak

      Delete
  3. wow..postingan yang sangat menarik..memicu motivasi untuk semakin giat menjual diri..keep happy blogging :)

    ReplyDelete
  4. kita terlahir dengan brand kita masing masing.. di dunia ini kita mempresentasikan diri kita. brand kita.. heheeh.. saiia suka postingan ini ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. thanks pals, yang penting tekhnik jualannya ya pals

      Delete
  5. ini nih yg susah, aku udah biasa marketing-in segala sesuatu, yang belom berhasil aku jual cuman diri sendiri aja. buktinya msh jomblo ga laku2 hahahahaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. jomlo belum tentu tak laku mbak mila, hanya mungkin kemahalan aja, hahahaha, mungkin mbak mila pasang targetnya yang tinggi-tinggi kali?

      Delete
  6. iya sob SDM memang penting,kita perlu meningkatkanya...
    salah satunya membaca, sperti blogwalking dengan membaca blog yng kita kunjungi bisa meningkatkan pengetahuan kita,,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dengan tingginya tingkat SDM, aku yakin semua urusan yang dilimpahkan ke kita pasti cepat terselesaikan

      Delete
    2. setuju bahwa dengan blogwalking bisa menambah wawasan kita, termasuk bagaimana strategi untuk 'menjual diri' meraih sukses secara sehat dan bertanggungjawab.

      Delete
  7. saya setuju dengan komentar yang paling atas, kita sekarang inipun sama saja menjual diri dengan kantor tempat dimana kita kerja, karena kita sering lupa keluarga, lupa ibadah itu karena kesibukan yang menuntut kita di kantor...
    nice post

    ReplyDelete
  8. menarik ini strategi suksesnya.

    ReplyDelete
  9. Pada dasarnya kita semua berusaha untuk 'menjual diri' kita lewat berbagai cara dan kesempatan. Interaksi kita di media social, blog dll adalah beberapa buktinya.

    ReplyDelete
  10. Menjual diri dengan cara yang benar ya? terus terang aku juga ingin bisa menjual "mahal" diri ini dengan meningkatkan ilmu, wawasan, keahlianku. tulisan yang memotivasi, bagus.

    tetap semangat.

    ReplyDelete
  11. "Jual Diri", 2 kata yang banyak orang maknai dengan "keburukan"....
    ada gk yah "jual diri" yang baik??? :D

    knjungan perdana kang, dtnggu knjungan bliknya.. :)

    happy blogging :D

    ReplyDelete
  12. Blog juga salah satu media menjual diri. Kalau tidak mampu berkomunikasi verbal dengan baik, blog adalah cara kita berkomunikasi tulisan. Betul kan mas?

    ReplyDelete
  13. marketing untuk menjual diri makin operasional manakala produk yang ditawarkan variatif dan berkualitas tinggi ya Bang Yadi. Ya, makasih stimulasinya. akan saya coba makin menguatkan kualitas diri.

    ReplyDelete
  14. Bener kang, Jual diri ga selalu bermakna jelek, gitu juga dengan Tenaga Kerja Indonesia, bisa aja mereka disana jadi SEO, tapi kan statusnya tetep Tenaga Kerja (dari) Indonesia.

    Meski bahasan tentang "jual diri" nya cakep, saya lebih seneng kalo bisa dapet kerjaan/kesempatan tanpa harus menjual diri untuk mendapatkan, tapi kita langsung ditawarkan kesempatannya. Emang sulit, tapi pasti ada cara :)

    ReplyDelete
  15. mampir lagi nih...
    BW di siang hari..,,lumayan kan bisa nambah promosi jual diri.. eeh jual blog maksudnya..,,biar makin di kenal sobat bloggies... heheheh

    salam :D

    ReplyDelete
  16. Melengkapi diri dengan berbagai ilmu itu sangat penting agar kita pantas dihargai sangat tinggi...tidak hanya oleh orang lain, tapi juga disayangi oleh Sang Pencipta.
    Trima kasih masukannya ya...

    ReplyDelete

About Me

My photo

i want to make a friend for everyone.....

i'd love to be your friend