Thursday, September 6, 2012

Bekerja Keras dan Bekerja Cerdas

Tulisan ini terinspirasi setelah aku membaca blog Muro'i El-Barezy, 
Tuntutan dalam memenuhi kebutuhan hidup sekarang ini memaksa kita untuk selalu bekerja untuk lebih keras lagi. Karena banyaknya kebutuhan, dan juga harga-harga kebutuhan tersebut sangat membubung tinggi, memaksa kita untuk selalu bekerja dan memeras otak dan tenaga. 


Harapan yang kita tanamkan saat kita bekerja keras adalah tercapainya segala kebutuhan dan juga kita bisa hidup dengan berkecukupan. Atau kita selalu berangan-angan mencapai kejayaan dan juga hidup dengan kekayaan. Jelas sekali bahwa kita sangat ingin menikmati kekayaan tersebut. Itu sangat manusiawi.

Terkadang ada perasaan tidak menentu dan kecewa yang akan timbul bila kita merasa hasil kerja keras kita tidak/belum mampu untuk memenuhi segala keinginan dan hasrat kita.

Namun untuk zaman sekarang ini, tidak cukup kita bekerja keras saja untuk mencapai setiap target yang kita harapkan. Sekarang ini dibutuhkan juga cara bekerja yang cerdas, untuk lebih bisa memantapkan didalam bekerja dan mencapai hasil yang kita harapkan. 

Cerdas dalam mencari peluang-peluang yang dapat memberikan keuntungan yang terbaik untuk kita. Bila kita bekerja dengan lebih cerdas, pekerjaan-pekerjaan yang berat dan susah akan terasa lebih mudah untuk kita kerjakan.

Untuk bisa bekerja lebih cerdas tentunya banyak hal yang harus kita pelajari, dan praktekkan dalam pekerjaan kita. Dan juga banyak tempat atau media juga yang bisa kita manfaatkan untuk menambah pengetahuan tentang suatu pekerjaan tersebut. Mungkin dengan seringnya kita melakukan sharing dan bertanya kepada yang lebih senior dalam profesi kita, dapat menambah kecerdasan kita dalam bekerja. Karena memang disaat ini, orang yang mampu bekerja lebih cerdas lebih dapat menikmati hasil kerjanya dari pada kita bekerja dengan sekuat tenaga namun hasil yang kita dapatkan sangatlah sedikit dan bahkan tidak dapat mencukupi kebutuhan kita. 

Dengan kemampuan memanfaatkan peluang-peluang yang timbul dalam setiap saat, tentunya kita bisa lebih memanfaatkan waktu, tenaga dan pikiran kita, sehingga tugas seberat apapun akan lebih terasa ringan untuk dikerjakan dan lebih memberikan manfaat kepada kita. 
Jadi pals, berupayalah untuk lebih cerdas dalam bidang pekerjaan kita semua, sehingga kita bisa lebih mengoptimalkan segala sumber daya yang ada pada diri kita.

"Dengan bekerja lebih cerdas, kita dapat menyelesaikan suatu pekerjaan yang biasa namun dengan hasil yang luar biasa"

Apakah kita sependapat pals?

14 comments:

  1. bekerja keras dan bekerja cerdas sama dengan hemat energi ya mas, nice sharing, bisa memberi inspirasi dan spirit...

    ReplyDelete
  2. Dengan bekerja lebih cerdas membuat pekerjaan terasa lebih ringan...patut di garis bawahi nih kata2 ini

    ReplyDelete
  3. wah ngimpi apa semalem ya
    jalan jalan hari ini banyak menemukan tema tentang peluang dan pekerjaan

    kalo prinsip aku sih yang paling utama keseimbangan biar harmoninya selalu terjaga. tak jarang kita harus mengerem menurunkan kecepatan kerja agar di ujung jalan ga sampai nubruk pagar dll dll

    ReplyDelete
  4. Sama dengan Rawins, keseimbangan dalam hidup itu buat saya sangat penting...bekerja keras dan cerdas harus juga diimbangi dengan melakukan sesuatu yang membuat kita gembira, tanpa harus berhitung untung dan rugi dari segi materi... :)

    ReplyDelete
  5. Nah yang ini setuju banget. Seberapa keraspun usaha kita kalau tanpa perhitungan yang cerdas malah bisa percuma saja. Kesemuanya membutuhkan strategi yang tep[at dan di situlah kita harus cerdas

    ReplyDelete
  6. Setuju deh, kita perlu punya kiat-kiat tersendiri dalam bekerja sehingga hasilnya pun optimal.

    ReplyDelete
  7. sepenuhnya sepakat. cuma kalo saya, ampun deh, susah banget ngejar biar cerdas, haha... jadi saya lebih mementingkan teamwork dan sinergi. kecerdasan biarlah orang lain, saya yang ngomporin, hehe

    ReplyDelete
  8. akan lebih asik lagi kl kerjaannya sesuai sm passion kita.. tp kalopun tdk ya emang hrs selalu berusaha utk bekerja dg cerdas ya supaya jgn jd beban

    ReplyDelete
  9. ikut menyimak dulu ya pak :) kalau bekerja cerdas jadi tidak terlalu cape ya

    ReplyDelete
  10. saya setuju..dengan bekerja lebih cerdas..hasil yang didapat akan lebih optimal, namun sebahagian dari kita belum bisa membedakan yang mana bekerja dengan keras dan yang mana bekerja dengan cerdas :)

    ReplyDelete
  11. wahhh manteb juga nih, bekerja cerdas, tidak hanya mengandalkan kekuatan, tetapi pikiran juga

    ReplyDelete
  12. terimakasih sharing nya mas bro.!!
    sangat bermanfaat untuk saya.
    saya tunggu sharing berikutnya,
    salam sukses selalu ya masbro?

    ReplyDelete
  13. kalo masih bawahan begini susah mau kerja cerdas, ngikutin perintah boss perasaan semuanya kerja keras hahahaa...

    ReplyDelete
  14. wah..., setuju banget, Pak, bekerja dengan lebih cerdas itu sungguh penting sekali; makasih banyak ya Pak, jadi termotivasi neh saya...

    ReplyDelete

About Me

My photo

i want to make a friend for everyone.....

i'd love to be your friend