Thursday, May 23, 2013

MEMBACA

"Orang yang tidak membaca, tidak punya kelebihan dari orang yang tidak tau membaca" 

Kemarin pas ngantar anak kesekolah, dan menjelang tahun ajaran baru ini, pihak sekolah anakku sudah mulai pasang spanduk. Dan ketika aku melihat spanduk tersebut, paling bawah dari spanduk tersebut, pihak sekolah menuliskan kata-kata tersebut diatas.

Dan aku pun tertegun, dan sangat setuju dengan kata-kata yang ditulis tersebut. Banyak orang yang merasa jago dan pintar, tanpa membaca dan tanpa punya pengalaman terlebih dahulu. Enggan membaca koran, majalah, apalagi membaca postingan. Yang paling hebat, ada orang buat komen di postingan blog, tanpa membaca tulisan di blog tersebut, hebat khan?

Kegemaran membaca, sudah mulai sangat minim sekarang ini. Anak-anak lebih cendrung bermain game di android, game online, dsb. Terbukti warnet2 sekarang dipenuhi oleh anak-anak yang kecanduan game dari pada anak-anak sekolah yang kecanduan membaca berita online. Padahal bila mereka rajin ke warnet, seharusnya mereka bisa lebih pintar dari teman2 mereka yang tidak pernah ke warnet, karena mereka banyak baca tulisan-2 pengetahuan di internet. 

Dari hobi membaca, kita bisa menambah pengetahuan yang khusus, maupun pengetahuan umum. Rajin membaca juga mendorong keingintahuan kita dan semakin-semakin tumbuh sehingga hal-hal yang asing bagi kita sebelumnya, bisa menjadi hal yang biasa buat kita. 

Jadi pal, bila kita pengen punya kelebihan dari orang yang tidak tau baca alias buta huruf, rajinlah membaca. Karena membaca ndak pernah merugikan, bila kita memang bisa secara bijak untuk memilah bahan bacaan yang terbaik.

12 comments:

  1. membaca, kebiasaan baik yang sudah mulai ditinggalkan mas..padahal dengan membaca ilmu kita semakin bertambah yah..sama kaya blogger juga sudah muali males baca, buktinya banyak yang langsung komen tanda baca tulisan, jadi banyak yang ngga nyambung sama tulisan hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener mas muroi, kadang aku suka kesal membaca komen-komen di blog teman2 ada yang ndak pada nyambung, ketahuan kalo cuma baca judul doang langsung komen...hahahah

      Delete
  2. membaca itu gak ada ruginya ya mas ... :D

    ReplyDelete
  3. amat sangat setuju, dengan membaca kita dapat mengerti/tahu apa yang belum kita ketahui selain itu membaca dapat menambah dan memperluas ilmu/pengetahuan kita..
    misalnya baca SMS masuk *ngomong apa ini :D
    .

    ReplyDelete
    Replies
    1. ijin follow ya bang... ^O^ .

      Delete
    2. asal jangan baca SMS minta pulsa mbak, pasti bermanfaat tuh..heheh

      Delete
  4. jangankan anak anak
    yang tua aja malas baca
    lebih suka langsung komen walaupun cuma polbek bang
    haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya kalimat yang terakhir, itu pengalaman pribadinya mas Rawins ya .. he he

      Delete
    2. hahahaha....maklum banyak target kunjungan

      Delete
  5. Ada ungkapan buku adalah jendela dunia. Jadi apabila kita membaca buku (bisa juga termasuk postingan ... he he)sama saja dengan kita melihat dunia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kita bisa tau, dengan membaca, terus terang aku bisa ngeblog, hanya dengan membaca kok, ndak mesti ikut pelatihan segala

      Delete

About Me

My photo

i want to make a friend for everyone.....

i'd love to be your friend