Tuesday, June 25, 2013

GEMBOK DAN KUNCI

Seorang teman pernah bercerita kepadaku beberapa waktu yang lalu, bahwa sepertinya di 2 tahun belakangan ini, dia sedang diterpa suatu masalah dalam keluarganya. Dari ceritanya tersebut sepertinya sampai sekarang masalah tersebut belum dapat diselesaikan oleh keluarganya. Dan dengan putus asa dia sempat menyampaikan ke aku bahwa sepertinya sudah tidak ada lagi jalan keluar yang terbaik yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut. Karena berbagai cara dan upaya telah dilakukan namun tetap saja masalah tersebut selalu menakuti dan menyerang mereka untuk segera menyerah.

Kita semua memang tidak pernah lepas dari masalah, setiap saat dan setiap waktu, masalah pasti selalu datang. Jangan pernah berharap bahwa masalah akan menjauh dari kita. Karena memang masalah itu adalah variasi hidup. Bahwa bila hidup tanpa masalah pasti akan terasa hambar. Tinggal bagaimana kita mengelola masalah tersebut. Apakah kita mau larut kepada masalah tersebut dan menyerah, atau mencoba menantang masalah tersebut dan meyakinkan diri kita bahwa masalah tersebut pasti selesai. Dan membuat doktrin pada diri kita bahwa, bila satu masalah telah selesai, bersiaplah untuk menghadapi masalah berikutnya. 

Memang ada slogan yang mengatakan bahwa bila bisa mengatasi masalah tanpa masalah. Ini juga ada benarnya, tapi yang jelas kita tidak akan pernah lepas dari satu masalah. Mengatasi masalah tanpa masalah maksudnya jangan kita mencoba menyelesaikan suatu masalah dengan membuat/menimbulkan masalah yang sama namun dengan kapasitas yang lebih besar.

Dengan teman kemarin aku berkata mungkin cara dan upaya yang dilaksanakannya belum sesuai dengan kondisi permasalahan yang sedang mereka hadapi. Pasti ada satu cara yang pasti pas dan sangat tepat sehingga dapat menyelesaikan masalah tersebut. Aku jadi teringat akan suatu artikel yang pernah kubaca saat bw waktu lalu, bahwa menyelesaikan suatu masalah tersebut ibarat mencari anak kunci untuk sebuah gembok. Kita mungkin saja punya banyak kunci yang kita pegang untuk membuka sebuah kunci gembok. Namun yang jelas bahwa gembok terebut hanya mempunyai satu jenis anak kunci yang ulirnya tepat sama dengan uliran yang ada didalam gembok tersebut. Sehingga bila anak kunci tersebut kita masukkan pasti gembok tersebut akan terbuka.Dan bisa saja sebenarnya kita sudah menemukan anak kunci yang tepat, namun karena kita selalu tidak sabaran untuk membuka kunci tersebut, dan sedikit memaksa sehingga kunci yang tepatpun kadang kita rasa sulit untuk membuka gembok tersebut. 

Sering kali memang kita tidak bersabar dalam menghadapi suatu masalah. Kita teralu buru-buru dan akhirnya suatu hal yang tepat untuk dijalankan pun kita rasa belum pas. Ditambah lagi kepanikan dan kekhawatiran kita, sehingga masalah tersebut terasa tidak pernah selesai dan berlalu dari kehidupan kita. 

Ibarat kita membuka gembok tadi bila kita panik dan terburu-buru, pasti gembok tersebut akan terasa sulit untuk kita buka. Jadi intinya kita perlu bersabar dan mengurasi perasaan panik kita yang berlebih pada saat menghadapi masalah. Agar masalah tersebut akan terasa lebih ringan dan tidak susah untuk diselesaikan.

31 comments:

  1. wih.. mau jadi ahli kunci gan ^___^
    ngomongin gembok :D~

    semangat lam kenal ..sukses Blognya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rencana mau buka sambilan jadi tukang kunci .. he he

      Delete
    2. pasti mangkalnya di bawah pohon beringin angker

      Delete
    3. mau jadi juru kunci merapi ajalah gantiin mbah marijan, siapatau bisa top ngalahin ariel

      Delete
    4. Lebih cepat ngetop koruptor yang ketangkap KPK mas Yadi .. he he

      Delete
    5. apalagi jadi juru kunci nya KPK ya

      Delete
  2. Setuju mas, masalah tidak pernah lepas selama kita masih hidup, yang penting bagaimana me-manage masalah. Kalau saya nilai postingan ini berbau iklan Pegadaian, mengatasi masalah tanpa masalah .. he he he

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau ada adagium masalah buat loe, itu gimnana cara mengatasinya mas , cukup dengan tapuk sandal ?

      Delete
    2. hahahaha....jauh dari iklan pegadaian pal, buktinya menggadaikan barang di pegadaian juga pasti timbul masalah, buktinya kan kita harus bayar bunga sama pokok agar barang kita bisa kembali....itu kan masalah juga?

      Delete
  3. Masalah adalah merupan suatu ujian untuk kita lebih bijak dan lebih dewasa, karena masalah akan selalu mengikuti kita dan akan berakhir sampai kita tutup usia, jadi maslah itu harus dihadapi dan diselesaikan kalau kita menghindar maka masalah akan menjadi besar dan membuat kita jatuh terpuruk... makasih sob artikelnya sangat bermanfaat :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. thanks pal, mudah2an bisa menginspirasi

      Delete
  4. tentu pikiran yang fresh dan keadaan kepala dingin akan lebih enak dalam membuka kunci tersebut, tepat dan kalau bisa cepat

    ReplyDelete
  5. intinya sabar ya pals, dengan sabar hasilnya lebih maksimal

    ReplyDelete
  6. setuju banget mas dengan uraiannya di atas...
    apapun juga kalau ga sabar malah jadi ga bener ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. bila kita bisa berlaku sabar dan tenang, yakinlah 50% masalah kita udah selesai

      Delete
  7. hidup tanpa masalah, bagai makan sayur tanpa garam...komen back yah!

    ReplyDelete
    Replies
    1. garam tanpa sambal ndak afdol juga pal...hehehhe
      ok. segera ke TKP

      Delete
  8. Segala masalah pasti ada jalan penyelesaiannya, ada pertanyaan ada jawaban ada gembok ada kunci

    ReplyDelete
  9. pd dasarnya sabar harus no 1, tp apa hubungannnya ama gembok

    ReplyDelete
    Replies
    1. sabar sejalan dengan gembok, buka gembok kalo ndak sabar gemboknya susah dibuka (nyambung nggak ya?????)

      Delete
  10. pasti harus dengan kepala dingin, juga bisa membicarakan dengan orang yang tepat misal sahabat, walaupun tidak menyelesaikan masalah setidaknya mengurangi beban pikiran, tul nggak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sekali mas agus, kepala dingin itu bisa membuat tenang dan nyaman dalam berpikir. tapi jangan sampai terlalu dingin, takutnya jadi beku.

      Delete
  11. sabar...sifat itu yang sudah hampir punah dinegri ini...begitu banyak persoalan semuanya dihadapi dengan emosi...ibarat kuncinya tidak ditemukan..bahkan gemboknya pun dirusak

    ReplyDelete
  12. Betul sekali gan artikelnya. Kita harus cerdas mengatasi masalah, dan harus dengan kepala dingin, jangan panik.
    Jika kita terhadang masalah baru jangan bilang "why me" tapi "try me".

    ReplyDelete
  13. setiap orang pasti punya masalah
    tugas kita adalah menyelesaikan masalah tersebut dengan bijaksana dan rasa tanggungjawab

    ReplyDelete

About Me

My photo

i want to make a friend for everyone.....

i'd love to be your friend