Friday, August 30, 2013

DIAM TAK SELAMANYA "EMAS"

Apakah benar "Diam itu emas"?????
Menurut ku, tidak selamanya diam itu menjadi emas.
Karena dengan diam saja, kita tidak akan pernah bisa mengubah sesuatu. Kita harus bisa mengungkapkan ide, perasaan kita agar orang lain juga bisa mengerti siapa dan apa maksud tujuan kita.

Setiap permasalahan yang ada disekitar kita, bila kita mau peduli dengan lingkungan tersebut, kita harus bisa mengungkapkan ide kita tersebut. Tidak hanya diam dan menunggu. Mungkin dipikiran kita ada suatu ide yang dapat kita sampaikan guna membangun lingkungan ataupun membantu orang-orang disekitar
kita.

Namun yang kita sampaikan haruslah penuh tanggung jawab dan tidak asal ucap saja. Semua ucapan kita harus didasarkan suatu pemikiran yang dapat kita pertanggung jawabkan. Dan kita sendiri juga bisa melaksanakannya dengan baik. 

Bila kita hanya diam, walaupun seribu ide yang ada didalam pikiran kita, bagaimana mungkin ide tersebut bisa berjalan? Tentunya kita tidak boleh asal bicara saja, karena orang yang asal bicara tanpa adanya dasar pemikiran yang tepat, itu bisa kita katakan "tong kosong nyaring bunyinya". Kita bisa diam dan mengikut dengan situasi, bila kita memang tidak punya dasar ataupun pengertian apapun tentang situasi dan permasalahan dilingkungan kita. 

Sepintar apapun kita, dan setinggi apapun IQ kita, bila kita hanya diam saja tanpa berbuat sesuatu ataupun menyampaikan sesuatu, bagaimana mungkin orang lain bisa tau kalo kita punya ide briliant, dan bisa mengatakan kepada orang lain bahwa kita bisa diandalkan?

Apalagi bila kita menemukan suatu penyimpangan yang terjadi dilingkungan kita, apakah kita mesti diam saja, dan memaklumi penyimpangan tersebut? Menyuarakan hal-hal benar bukan dengan harus berkoak-koak dengan melakukan demonstrasi. Kita bisa saja menegur orang-orang yang melakukan kesalahan tersebut, dengan menyebutkan argumen2 yang bisa kita pertanggung jawabkan, bukan dengan melakukan perlawanan dengan kekerasan.

jadi Pals, apakah menurut teman semua diam itu emas?

32 comments:

  1. Setuju mas ... Diam memang ada waktunya.. Diam terus tidak akan mengubah apa2... Bagus ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. O'ya mas ... salam kenal ya mas.. ? Ini kali pertama saya ke sini ...

      Delete
    2. terima kasih kunjungannya, salam kenal juga...hihihih
      berarti kita sependapat dong kalo diam itu tidak selamanya emas...

      Delete
  2. ada kalanya diam saat tidak bisa menahan emosi ada kalanya ngomong ketika ada ide untu sumbangsih kepada sesama, siapa tahu berguna. Jadi konteksnya aja yang disesuaikan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. seperti yang kutulis diatas mas agus, kita mengungkapkan perasaan kita kan tidak perlu teriak dan marah2. Memang untuk menahan emosi dengan diam kadang efektif juga, tapi kita kan termakan perasaan jadinya...itu pendapatku sih,

      Delete
    2. saya setuju dua2nya hehe...

      Delete
    3. penumpukan perasaan dongkol kadang juga bisa meledak sewaktu-waktu, dan bisa lebih parah

      Delete
  3. Diam kadang bisa menyimpan sebuah rahasia besar yang bisa mengejutkan banyak orang.

    ReplyDelete
  4. yup pal, karena bila kita diam, orang lain tidak tahu apa dan siapa sebenarnya diri kita.

    ReplyDelete
  5. musti liat konteksnya lah
    banyak kok kata mutiara yang sepintas bagus tapi sebenarnya kontra produktif
    misalnya ungkapan yang waras ngalah
    pantesan negeri ini babak belur orang pemenangnya di tampuk kekuasaan orang orang ga waras semua...
    heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. sangat setuju mas, kita terlalu sering mengalah karena menganggap orang yang berkuasa tersebut adalah orang yang kurang waras, akhirnya mereka menjadi merajalela berbuat sesukanya

      Delete
    2. kapan siap mengubah slogan jadi yang waras jangan mau kalah..?

      Delete
    3. itu masih sulit mas, karena wani ngalah luhur wekasane masih dipegang erat

      Delete
  6. lebih baik diam drpd ngomong trs salah, apalagi banyak ngomong yg bisa menyakitkan hati orang lain....hadeewwww...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kan kubilang juga ndak selamanya diam itu emas, kalo ngomong terus juga pasti akan jadi masalah

      Delete
  7. kalo saya di kereta menuju tempat kerja, lebih baik diam je Bang, hehe. soalnya kalo ngomong, jadi tambah capek, haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo di angkutan biasanya aku juga diam pal, habis kalo ngomong takut dikira pencopet yang sedang mengalihkan perhatian......heheheh33e

      Delete
  8. terkadang memang kita harus bersuara dan action saat ketidak adilan menyeruak di hadapan kita di negri ini, namun ketika suara dan action itu tak mampu melakukan perubahan, maka kita hanya mampu berdoa dalam hati. semoga perubahan segera terjadi bagi negri ini,,,,,salam :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. berdoa adalah suatu tindakan juga mas hary. setidaknya kita tidak hanya diam diri dan menerima nasip apa adanya

      Delete
    4. berdoa adalah suatu tindakan juga mas hary. setidaknya kita tidak hanya diam diri dan menerima nasip apa adanya

      Delete
    5. berdoa adalah suatu tindakan juga mas hary. setidaknya kita tidak hanya diam diri dan menerima nasip apa adanya

      Delete
    6. This comment has been removed by the author.

      Delete
  9. udah keras...salah pula.
    saya mah banyak diem seribu kata dulu, mendengarkan dengan seksama sampe mereka tuntas dan puas, setelahnya...tergantung kondisi, kalau moodku bagus, tak jawab dengan senyuman tanpa kata tapi penuh makna....

    ReplyDelete
  10. sepakat dengan artikel diatas, memang benar bahwa diam tak selamanya emas, tapi kadang bisa juga emas, itu semua tergantung dari situasi dan kondisinya.

    Izin follow blog nya ya untuk mengetahui informasi terbaru dari blog anda. Kalau berkenan mohon follow back ^^

    ReplyDelete
  11. Jika tidak ada yang beres dengan keadaan, kita tidak boleh diam. Diam tak selamanya emas, bisa juga menunjukan ketidak perdayaan kita.

    ReplyDelete
  12. Diam adalah emas? Belum tentu juga. Intinya melihat keadaan dulu. Karena ada saat-saat di mana kita HARUS berbicara :D

    ReplyDelete
  13. bagaimana kabarnya Mas? ko' lama nih blognya nggak update?

    ReplyDelete

About Me

My photo

i want to make a friend for everyone.....

i'd love to be your friend