Friday, August 23, 2013

KEBEBASAN YANG BERTANGGUNGJAWAB

Orang yang bebas adalah orang yang mampu mengexpresikan ide, dan berbuat suatu tindakan tanpa ada yang menghalangi orang tersebut untuk melakukannya. Orang yang bebas selalu dapat berbuat dan melakukan tindakan apa yang menurutnya benar. Kita bebas untuk berbicara, bebas untuk mengungkapkan perasaan kita, bebas untuk berkarya dan mengumandangkan ide-ide kita ke seluruh penjuru dunia.

Namun sadarkah kita bahwa dibalik kebebasan tersebut, ada terselubung suatu hal yang harus kita hargai yaitu tanggung jawab yang penuh atas segala ide, tindakan yang kita lakukan tersebut agar tidak merugikan pihak lain? Banyak dari kita mungkin tidak menyadari hal tersebut. Kita merasa terkekang dengan kata yang disebut tanggung jawab tersebut. 

Banyak orang merasa kebebasan tersebut adalah hak mereka yang harus meraka peroleh, tanpa memikirkan efek negatif yang ditimbulkan oleh perbuatan tersebut. Tidak sedikitpun terlintas dalam pikiran mereka hal-hal apa yang akan timbul dari perbuatan tersebut. Misalnya saja, orang bebas saja mengendarai kendaraan, namun dalam kebebasan berkendara tersebut, tentunya kita juga harus memikirkan orang yang berkendara disekitar kita,yang juga punya hak yang sama atas penggunaan jalan raya. Bukan sembarangan saja kita mengendarai kendaraan tersebut, sehingga dapat mengakibatkan kerugian pada orang lain.

Kebebasan yang bertanggung jawab adalah kebebasan yang kita jalankan, tanpa harus menimbulkan kerugian pada lain pihak. Kebebasan yang kita jalankan haruslah dapat memberi keuntungan pada diri kita dan juga kepada orang disekitar kita. Kita bebas untuk berbicara, namun kebebasan yang kita pakai tersebut janganlah kita gunakan untuk mefitnah orang lain sehingga merugikan orang tersebut. Kita bebas untuk bicara namun pembicaraan kita jangan sampai menyakiti orang lain.

Bebas untuk menulis memberikan kritikan, namun kebebasan tersebut tidak menyudutkan suatu pihak tertentu, namun memberikan jalan keluar atas suatu permasalahan yang kita kritik tersebut. Sehingga memang kebebasan yang kita pergunakan tersebut adalah kebebasan yang benar-benar memberi keuntungan bukan hanya untuk pribadi kita tapi untuk kepentingan orang lain juga.

25 comments:

  1. bebas dan bertanggung jawab, berarti tidak lempar batu sembunyi tangan istilhnya ya pals....

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju sekali pals, tidak pake ilmu buang badan, itu istilahnya kalo di medan heheheh

      Delete
  2. kebebasan yang dewasa dan bertanggungjawab tentu akan membuat kita dan lingkungan jadi tambah sejuk...tapi maafkan saya jika kebebasan dan cara berkomentar saya di blog ini jadi seperti tidak bertanggungjawab loh....itu karena saya selalu pengen menjadi lebih akrab walaupun hanya lewat blog.
    salam sehat, bahagia dan ceria selalu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. asalkan komennya a'a tidak menyakiti dan merugikan pihak lain, saya rasa tidak ada masalahnya, kan kita di dunia bloging ini serius tapi santai...

      Delete
    2. aku malah asal nyeplos kalo komeng
      makanya banyak yang ga kuat berteman, haha...

      Delete
    3. saking nyantai kaya dipantay gaya saya itu malah sering ngga nyadar bikin makjleb hati orang, mau dirubah gaia itu...malah berasa jadi blogger o'on saya teh bang....gimana coba?

      moga azh...abang ngga sensi ya bang...;o)

      Delete
  3. kebebasan kita sebenarnya dibatasi oleh kebebasan orang lain yang ada disekitar kita, dan ketika kita bisa saling membatasi kebebasan yang kita lakukan,,maka kita akan saling menjaga dan menghormati, sehingga kedamaian kan hadir di tengah-tengah kita....insya ALLAH....salam :-)

    ReplyDelete
  4. tata krama memang perlu, namun jangan bikin terjebak pada yang namanya ewuh pakewuh. itu bikin pertemanan kita tak lagi jujur. udah tau temen rada error, karena ewuh pakewuh itu jadinya diam saja tak berani ngomong tunjuk hidung. jadilah seperti apa yang terjadi dengan indonesia raya saat ini...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hal in pula yang jadi topik obrolan kita dicilembu kemaren ya om....
      blogger yang baik itu harus "selalu ceria, nyantay kaya dipantay"...udah cukup gituh azh.

      Delete
    2. Ikut ngobrol juga deh, biar tidak jadi pekewuh dan kuper di dunia blogging. He,,, he,,, he,,,

      Delete
    3. memang lebih baik bila kita ndak perlu terlalu kaku terhadap tata krama ya mas, lebih santai, tapi tetap menjaga perasaan teman di sekeliling supaya candaan kita ndak mengandung unsur2 yang menyakiti.

      Delete
    4. itu masalahnya, kadang suka keceplosan...menurut sayah mah, jangan sensi...kaya saya dong "anti sensi"....kalau sensi kotak komentarnya dimorednisasi sajah.....setuju ngga yah?.....;o)

      Delete
    5. ada benarnya juga ya kang, Memang kita yang harusnya tidak terlalu mudah emosi dengan kebebasan orang ya, mungkin menurut dia benar tuh apa yang dilakukannya ya, kita harus bisa maklum juga tuh kalo udah gitu.

      Delete
    6. waduh.. di kolom ini pembahasannya dalam banget nih. saya ta' menyimak aja pembahasan para bapak-bapak diatas.

      dan juga saya hanya ingin mengucapkan salam kenal tuk mas Yadi ^_^a

      Delete
    7. heheheheh...ndak dalam-dalam kali kok mas budy, cuma sedikit sersan alias serius tapi santai....

      salam kenal juga buat mas budi

      Delete
    8. wah ndak bisa dianggap begitu, mas. itu klo kang rawins dan mang ubi udah kasih komen pasti jadi amat sangat berat sekali lho hahahaha

      Delete
  5. Khusus dalam hal menulis, sudah diberikan kebebasan masih saja sulit keluar...hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kita bebas aja mas nuangin ide di blog, jadi ndak usah pake EYD, supaya ndak bingung bikin tulisannya...heheh

      Delete
  6. Kebebasan dan bertanggung jawab juga harus bisa di sejajarkan dari pengalaman dan pengetahuannya ya Pak, kalau tidak yang ada malah buang diri dan menjadi pengumpat.

    Salam wisata

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar juga pals, sebab tanpa mengetahui aturan dan tata krama yang berbeda disetiap tempat kita ndak bisa melakukan yang namanya bebas bertanggung jawab tersebut

      Delete
  7. Bebas itu penuh tanggung jawab. Bebas itu penuh kreatifitas. Bebas itu menginspirasi tuk melakukan hal baik. Saya setuju sekali sama uraian mendalam dari Bang Yadi.

    *salam kenal

    ReplyDelete
  8. Setuju dengan artikel diatas. "bebas tapi bertanggung jawab" thanks pak atas informasinya :)

    ReplyDelete

About Me

My photo

i want to make a friend for everyone.....

i'd love to be your friend