Thursday, October 15, 2015

KHAWATIR

Siapa yang belum pernah merasa khawatir? Aku rasa semua orang pernah merasa khawatir. Namun pentingkah rasa khawatir tersebut? Apakah khawatir dapat merubah keadaan yang kita rasakan? Dan apakah rasa khawtir tersebut dapat membantu menyelesaikan masalah yang sedang kita hadapi?

Rasa khawatir memang sangat melekat pada setiap orang, dan perasaan tersebut setiap saat bisa saja terjadi. Khawatir terhadap keluarga yang sedang dalam perjalanan mungkin, khawatir ndak bisa makan siang karena uang dikantong telah menipis. Khawatir tidak banyak pengunjung toko. Kuatir akan suatu rencana tidak akan berjalan sesuai dengan yang diperkirakan, Khawatir akan terjadi kerusuhan pada saat pilkada dan lain lagi sebagainya dan seterusnyalah.

Karena rasa khawatir yang berlebihan pada diri kita, dapat membuat kita berpikiran negatif terhadap segala hal. Padahal hal yang kita kuatirkan belum tentu benar dan belum tentu terjadi. Namun pikiran2 jelek itu selalu membawa kita ke arah yang kurang menguntungkan. 

Yang penting kita lakukan adalah membuat suatu perencanaan, bila kemungkinan jelek tersebut muncul, tindakan apa yang kita lakukan untuk mengatasinya. Aku rasa bila kita sudah punya perencanaan yang baik, semua tidak perlu dikuatirkan. Bila kita sudah punya plan A dan Plan B ataupun Plan C, aku rasa tidak perlu lagi kita kuatir yang berlebihan.

Boleh saja khawatir namun yang penting kita jangan terlalu panik, Selalu mencari ketenangan pada saat rasa tersebut muncul dalam otak dan pikiran kita. Karena khawatir hanya dapat diatasi dengan ketenangan. Ketenangan bisa diperoleh dengan berbagai cara, namun cara yang terbaik dan termudah adalah berdoa. Tidak ada ketenangan yang lebih murah dan mudah selain berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Karena memang setiap sisi kehidupan kita sudah ada jalan terbaik yang disediakan olehNya.

7 comments:

  1. Rasa khawatir memang bisa membuat hati jadi dek dekan. padahal semua kekhawatairan itu belum tentu benar ya.. katanya sih rasa khawatir itu tanda sayang terhadap seseorang yang di khawatirkan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. dek dekan bisa mengakibatkan serangan jantung mas...heheheheh

      Delete
  2. Semua orang pasti mempunyai perasaan khawatir dan was-was,
    tapi janganlah berlebihan karena itu hanya membuat kita akan semakin
    merasa ketakutan saja.

    ReplyDelete
  3. sangat manusiawi jika memiliki perasaan khawatir, tapi jika di tilik lebih dalam rasa khawatir tersebut hanyalah suudzon nya kita terhadap sesuatu, jadi bismillah saja agar rasa khawatir tersebut tidak terlalu menyiksa kita atuh bang...hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar kang, hanya kepadaNya kita berserah dan lebih tenang dalam menghadapi segala kekhawatiran.

      Delete
  4. terkadang aku masih suka khawatir yang tak berdasar hihii, padahal itu sifat yang buang buang waktu yaa

    ReplyDelete

About Me

My photo

i want to make a friend for everyone.....

i'd love to be your friend