Friday, October 7, 2016

BUDAYA KERJA

Setiap perusahaan sekarang ini sedang giat-giatnya memberikan pengarahan kepada semua pekerjanya untuk mematuhi budaya kerja pada perusahaan tersebut. Budaya kerja ini diterapkan agar adanya komitmen pada masing-masing pekerjanya dalam melakukan pekerjaan yang diberikan oleh perusahaan dengan sebaik-baiknya, agar apa yang menjadi tujuan perusahaan dapat tercapai. 

"Budaya Kerja adalah suatu falsafah dengan didasari pandangan hidup sebagai nilai-nilai yang menjadi sifat, kebiasaan dan juga pendorong yang dibudayakan dalam suatu kelompok dan tercermin dalam sikap menjadi perilaku, cita-cita, pendapat, pandangan serta tindakan yang terwujud sebagai kerja. (Sumber : Drs. Gering Supriyadi,MM dan Drs. Tri Guno, LLM )" Tulisan ini saya kutip dari sini nih 

Jadi pada dasarnya Budaya Kerja yang ingin diterapkan pada setiap perusahaan adalah penyamaan persepsi atas tujuan perusahaan kepada semua pekerjanya yaitu untuk mencapai visi dan misi perusahaan tersebut. Bila pekerja pada satu perusahaan tidak mempunyai persepsi yang sama atas visi dan misi perusahaan, masing-masing melakukan kegiatan sendiri-sendiri tanpa adanya sinergi, tentunya perusahaan tersebut sulit untuk berkembang dan mencapai visi misinya tersebut.

Yang jelas semua pekerja diharapkan membudayakan kerja yang maksimal, mampu bekerja bersama-sama pada setiap bagiannya. Menghindari adanya pengkotak-kotakan pekerja, sehingga tidak terjadinya sinergi antar bagian pada perusahaan tersebut.

Banyak contoh-contoh budaya kerja yang memang setiap perusahaan menerapkannya berbeda-beda, menurut cara pandang masing-masing. Ada misalnya 
1. tidak merokok digedung kantor
2. Aktif dalam mengikuti even yang diselenggarakan
3. Tidak menunda pekerjaan
    Baca juga : JANGAN PERNAH MENUNDA PEKERJAAN
4. Masuk kerja tepat waktu dan hanya boleh pulang bila pekerjaan selesai.
dan masih banyak lagi.
Intinya, apa yang dipandang baik dan dapat mendukung jalannya perusahaan, itulah yang dibudayakan. Sehingga produktivas semua pekerja dapat terangkat dan termotivasi, dan tujuan perusahaan pun dapat diraih dengan baik.

Kira-kira untuk menjadi seorang blogger, perlukan budaya kerja ini? 

7 comments:

  1. Perlu sih tapi flesksibel nggak mengikat terserah kapan saja mau melakukannya yang penting update artikel tercapai

    ReplyDelete
    Replies
    1. Budaya kerja sepertinya wajib dilaksanakan untuk segala jenis usaha, usaha kecilkecilan sampai usaha raksasa wajib untuk menerapkan budaya kerja.

      Delete
    2. update artikel adalah bagian pentingnya ya mang

      Delete
  2. budaya kerja memang sangat perlu dilakukan, apapun pekerjaannya, bila dilakukan dengan sungguh sungguh dan kedispilinan, mungkin cepat naik gaji :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. soal naik gaji mungkin relatif ya mas, tapi biasanya kalo perusahaan punya banyak untung pasti gaji pegawai juga akan dinaikkan.

      Delete
  3. aiih...kemana atuh komentar saya teh...ni gegara kotak komentarnya duganti kan....huh sebel, pulang lagi ah

    ReplyDelete
    Replies
    1. kok mang lembu ngomel ya, perasaan aku ndak ada ngapa-ngapain....

      Delete

About Me

My photo

i want to make a friend for everyone.....

i'd love to be your friend