Friday, November 6, 2009

Apa yang anda pikirkan bila anda mengalami kegagalan?
Tentunya, banyak dari kita pasti akan bersungut-sungut dan mungkin menghujad nasib kita.
Atau mungkin kita kapok, dan tidak mau melakukan pekerjaan yang gagal tersebut kembali. Jangankan mengulangnya, mendengar tentang pekerjaan itupun terkadang kita sangat anti.

Kegagalan adalah suatu hal yang sangat dihindari oleh setiap manusia.
 Namun semua usaha tidak akan pernah dengan gampangnya untuk meraihnya. Saya jadi teringat teman saya di masa SMP dulu, dimana dia tidak naik kelas dari kelas 1 ke kelas 2, sehingga dia tidak mau lagi bersekolah di SMP kami tersebut. dia langsung minta pindah ke SMP lain. Mungkin ini adalah ungkapan dari rasa malu yang dialaminya.

Apalagi untuk memulai sesuatu yang masih kita anggap baru, ataupun menjalankan suatu kegiatan yang hampir tidak pernah kita jalankan,  dan begitu kita memulainya, kita langsung menerima kenyataan bahwa kita masih gagal dalam menjalankan usaha tersebut. Tentunya hal tersebut akan membuat kita tidak akan mau untuk mengulang kegiatan tersebut, dan sedapat mungkin kita akan meninggalkannya.

Satu hal yang harus kita sadari akan kegagalan adalah bahwa kegagalan tersebut bukanlah sesuatu yang sulit untuk dihindari. Asal kita dapat menyikapi kegagalan tersebut dengan baik dan bijak. Dan sedapat mungkin kegagalan tersebut menjadi pemacu kita untuk melakukan hal tersebut lebih baik dari sebelumnya.

Bila suatu saat kita telah gagal dalam menjalankan suatu pekerjaan, ada beberapa hal yang perlu dilakukan untuk menyikapinya :
  1. Cobalah untuk mempelajari apa penyebab dari kegagalan tersebut. Dengan mengetahui penyebab yang membuat kita gagal, tentunya akan memudahkan kita untuk mencari solusi yang baik dalam menghandel kegagalan tersebut.
  2. setelah kita pelajari, cobalah mencari jalan yang terbaik untuk kita laksanakan untuk memperbaiki kegagalan tersebut.
  3. mencari pendapat dari orang-orang yang telah berhasil dalam pekerjaan tersebut. Ingat, kita manusia adalah makhluk sosial, yang tidak dapat bekerja dengan sendiri-sendiri. Kita pasti membutuhkan bantuan pihak lain untuk mencapai kesuksesan tersebut.

3 comments:

  1. sungguh inspiratif dan motivatif mas yadie :) salam kenal yah n thanks udah mampir di blog ane :D

    ReplyDelete
  2. thanks komennya mas..........

    ReplyDelete
  3. Ada asap, ada api. Temukan apa penyebab kegagalan dan temukan solusinya. Jangan pernah menyerah, tetap semangat dan terus utamakan ACTION!

    ReplyDelete

About Me

My photo

i want to make a friend for everyone.....

i'd love to be your friend