Monday, November 23, 2009

Belajar, Action dan Pengalaman

Ketiga kata ini sangat berhubungan erat. Dan dapat mencakup semua bidang kegiatan pekerjaan kita, apapun itu. Apalagi untuk orang-orang yang ingin meraih kesuksesan dalam pekerjaannya, tentu harus mempunyai pedoman-pedoman yang baik dan dapat untuk diandalkan.


Sekilas memang hal tersebut tidak pernah kita bayangkan dan pikirkan, namun ketiga hal tersebut dapat membuat kehidupan kita menjadi lebih baik, bila kita dapat menerapkannya dengan baik dan sempurna.

Tentunya setiap kita hendak mengerjakan pekerjaan, apapun itu, tentunya kita akan mempelajarinya terlebih dahulu. Kita dapat belajar dengan secara otodidak, atau berusaha sendiri, juga dapat meminta bantuan orang lain untuk mengajari kita. Setiap jenis kegiatan tentunya harus melewati tahap belajar. Seorang ahli matematika tidak akan pernah tau sendiri bagaimana rumus-rumus matematika itu bekerja selain belajar dan belajar terus. Tidak ada pengetahuan yang kita bawa sejak lahir selain menangis. Demikian juga seorang pengemudi becak, tidak ada yang bisa langsung membawa becak semenjak lahir, tentunya kita harus melewati tahap belajar.

Metode untuk belajar, seperti yang telah saya uraikan diatas, bahwa banyak cara kita untuk belajar tersebut. Apakah dengan mempelajarinya sendiri, membaca buku, atau meminta orang lain untuk mengajari kita.

Setelah semua kita pelajari, kita akan tahu sedikit saja dari pekerjaan tersebut. Ilmu-ilmu yang kita dapat dari belajar tersebut, tidak akan menjadi apa-apa bila kita hanya membaca sekilas kemudian meninggalkannya begitu saja. Setiap ilmu pengetahuan akan lebih berguna bila kita dapat melaksanakan ilmu tersebut didalam kehidupan kita, atau melakukan ACTION atas pengetahuan kita tersebut.

Seorang ahli kimia, tidak akan dapat membuat suatu formula yang berguna bagi kehidupan manusia jika dia hanya mempelajari ilmu kimia hanya diatas kertas saja. Tentunya dia akan melakukan percobaan, dan melakukan ACTION atas apa yang telah dirancangnya diatas kertas. Sehingga formula-formula kimia tersebut dapat diketahui berguna atau malah menghancurkan. Demikian kita bila telah mempelajari semua formula-formula kegiatan pekerjaan kita, tanpa kita terapkan dan hanya sebatas formula diatas kertas, semuanya akan menjadi sia-sia dan tidak akan pernah berguna bagi pekerjaan kita.

Dari sekian banyak ACTION yang kita lakukan tersebut, tentunya akan menambah pengalaman, pengetahuan bagi kita. Dengan pengalaman-pengalaman yang kita alami tersebut, tentunya kita dapat menyaring sehingga kita dapat mengambil keputusan yang bijak, atas pekerjaan yang kita lakukan. Apakah akan bermanfaat bagi kita atau malah menghancurkan hidup kita. Semakin banyak pengalaman yang kita hadapi dalam menjalankan suatu aktifitas, tentunya kita akan semakin bijak dalam melakukan semua pekerjaan kita.

RELATED POST.
1. Belajar-dan belajar
2. Aku Pasti Bisa

No comments:

Post a Comment

About Me

My photo

i want to make a friend for everyone.....

i'd love to be your friend