Saturday, April 10, 2010

JANGAN PERNAH MENUNDA PEKERJAAN

Pada saat menjalankan tugas ditempat kita bekerja, atau apapun kegiatan kita, seringkali kita merasa malas untuk segera menyelesaikannya.
Terkadang kejadian itu terjadi berulang-ulang, hingga pekerjaan tersebut semakin banyak dan menumpuk di meja kerja.
Sementara, pernahkah kita menyadari, bahwa pekerjaan yang kita tunda tersebut, akan menyusahkan diri kita sendiri dan tidak menutup kemungkinan akan menyusahkan orang lain yang berhubungan dengan pekerjaan tersebut........

Pernah seorang teman saya bekerja berkata "Ah...lagi malas aku kerja.....besok sajalah kuselesaikan"
Dan kemungkinan tersebut juga pasti sering terjadi pada kita.

Beberapa waktu kemudian, dia menjadi khawatir akan dimarahi pimpinan karena pekerjaannya belum selesai juga, padahal setelah pekerjaan itu masih banyak pekerjaan lain yang menunggu untuk segera diselesaikan. Dan temanku itu  berkata " waduh banyaknya kerjaanku ini, gimana bisa selesai besok ya, sementara yang kupegang ini sajapun belum selesai, matiiiii aku". Dapat kita bayangkan betapa paniknya teman kerja saya tersebut.

Demikian juga kita, sebagai manusia, tentunya kita punya keterbatasan dalam mengerjakan semua pekerjaan kita. Apalagi bila pekerjaan tersebut ada di depan meja kita dalam sekaligus.....mpeeffffffff beratnya.

Dan yang jelas, stress akan melanda kita.....
Terkadang malah kita menganggap orang disekitar kita tidak adil dalam melimpahkan pekerjaan kepada kita...
Tentunya ini tidak akan pernah terjadi bila kita tidak pernah menunda-nunda pekerjaan yang mampu atau dapat kita selesaikan pada hari ini.

Cara yang terbaik dalam menyikapi hal ini adalah segera selesaikan apa yang diperintahkan kepada kita, meskipun deadline yang ditentukan kepada kita akan pekerjaan itu masih panjang. Sehingga dengan demikian, pekerjaan tersebut tidak mengganggu kita dikemudian hari. Efek Positif nya lagi, bila pekerjaan tersebut ada kesalahan tentunya dapat dengan segera kita selesaikan sebelum deadlinenya tiba.

Tentunya berbeda jika kita selesaikan pekerjaan tersebut dengan sistem SKS (sistem Kebut Semalam). Bila terjadi kesalahan pada esok harinya, tentunya kita tidak dapat memperbaiki kesalahan tersebut dengan baik, atau malah kita akan dicap "goblok" oleh pimpanan kerja kita.

Ada sedikit tips dari saya untuk menghindari hal diatas:
  • Sortirlah pekerjaan yang mempunyai deadline terdekat, lalu segera kerjakan
  • setelah itu baru masuk ke pekerjaan yang deadlinenya masih mempunyai waktu beberapa saat kemudian
  • setelah menyelesaikan satu pekerjaan, istirahatlah sejenak. hal ini berguna untuk menghilangkan rasa jenuh anda terhadap pekerjaan itu. Sebab bila kita langsung meneruskan ke pekerjaan berikutnya, itulah yang akan menyebabkan anda berpikiran untuk melanjutakan pekerjaan itu besok lagi. Istirahat boleh saja di meja kerja anda atau berkeliling sekitar ruangan anda sambil menegur teman satu ruangan, agar pikiran anda bisa "fresh" kembali. Namun ingat jangan sampai lengket dimeja teman, karena akan membuat anda malas untuk melanjutkan pekerjaan anda.
  • terus ulangi untuk menyortir pekerjaan yang deadlinenya sudah dekat untuk diselesaikan, sehingga anda selalu termotivasi untuk menyelesaikannya.
Mudah-mudahan berguna tips tersebut diatas.
Bila anda punya tips selain dari diatas, buatlah "comment anda di blog makaroo ini" thank u

No comments:

Post a Comment

About Me

My photo

i want to make a friend for everyone.....

i'd love to be your friend