Thursday, March 15, 2012

Kemampuan dan Keinginan

Sebagai manusia memang sudah layak bila kita mempunyai keinginan. Dan keinginan kita tersebut tentunya banyak ragam dan macamnya. Sepertinya sangat tidak mungkin bila ada orang yang tidak punya keinginan sekecil apapun keinginan tersebut.

Dan keinginan manusia biasanya berubah dan selalu pengen uptodate. Artinya kebanyakan manusia selalu tidak pernah merasa puas dengan apa yang telah dimilikinya. Padahal apa yang telah ada padanya tersebut adalah pemuasan keinginannya beberapa waktu yang lalu.

Apa sebenarnya keinginan tersebut? Keinginan adalah sesuatu yang sangat kita harapkan dapat terwujud di masa depan. Baik itu berupa bentuk benda, ataupun suatu keinginan tentang kondisi kita di masa depan. Biasanya keinginan ini yang selalu mengganggu kehidupan dan rutinitas kita bila belum terwujud. Keinginan selalu membayang-bayangi kita didalam menjalani kehidupan kita.

Namun harus kita ingat, bahwa keinginan itu harus kita seimbangkan dengan kemampuan yang ada pada diri kita. Bukan setiap keinginan harus kita penuhi dalam waktu sekejab. Semuanya harus mempunyai perencanaan yang terbaik. Diukur dengan kemampuan yang ada pada diri kita. Karena bila kemampuan yang ada pada diri kita belum memenuhi untuk pencapaian keinginan kita tersebut, ada baiknya kita harus bersabar terlebih dahulu.

Kemampuan baik dari segi materil maupun pikiran kita untuk pemenuhan keinginan kita, sangat membantu kita untuk dapat tenang dan hidup dengan nyaman. Karena bila kita memaksakan diri untuk memenuhi keinginan tersebut, tentunya kita akan mencari jalan pintas, yang pada akhirnya akan menyulitkan kita pada masa depan. Contoh kecil, kita berkeinginan untuk menjadi seorang kepala bagian pada perusahaan tempat kita bekerja, sementara kemampuan yang ada pada kita belumlah memenuhi kriteria yang ada, dan kita berupaya dengan menjalankan tindakan-tindakan memaksa, (mungkin dengan melobi dan mengeluarkan dana yang tidak sedikit) memang mungkin saja keinginan kita tersebut tercapai, namun dalam pelaksanaan tugas kita selalu menjadi sorotan karena tugas kita tidak dapat kita selesaikan dengan sebaiknya, tentunya ini akan membawa masalah yang besar bagi kita.

Maka sebaiknyalah kita mengukur, potensi, kemampuan yang ada pada diri kita, sehingga kita dapat memenuhi keinginan kita dengan penuh percaya diri dan kita pasti akan dapat menjadi yang terbaik.

4 comments:

  1. betul pak semua harus mengukur diri sendiri dulu sebelum mewujudkan keinginan itu

    ReplyDelete
  2. bila tanpa perhitungan yang matang, tentunya kita akan selalu merasa kesulitan dalam kehidupan kita kelak

    ReplyDelete
  3. Memang harus mengukur kemampuan dulu ya pak, walau sebenarnya kemampuan itupun bisa berbanding lurus dengan niat dan kerja keras...

    ReplyDelete
  4. Yup, bener banget mas.
    Kalo menginginkan sesuatu, lihat kemampuan kita dulu.
    Kalo emang dirasa gak sanggup, ya jangan dipaksakan :D

    ReplyDelete

About Me

My photo

i want to make a friend for everyone.....

i'd love to be your friend