InstaForex

Tuesday, July 10, 2012

SENYUM, SAPA DAN SALAM

Selamat pagi pals.....

Didalam membina hubungan dengan teman di lingkungan sekitar kita, baik itu lingkungan kerja, lingkungan tempat tinggal maupun tempat-tempat kita berinteraksi lainnya, sangatlah penting dalam penerapan Senyum, Sapa dan Salam ini.

Dengan memberikan senyuman yang tulus kepada orang yang mempunyai hubungan dengan kita, akan membuat hubungan itu akan terasa lebih akrab, akan membawa keceriaan dalam kehidupan dan menambah keakraban dengan orang yang ada disekitar kita. Se"hancur" apapun tampang kita, bila kita mudah untuk memberikan senyuman yang tulus bagi orang lain, tentunya orang lain akan menganggap kita adalah orang paling ganteng atau orang paling cantik. Dengan memberikan senyuman yang tulus, wajah kita akan tampak lebih muda, karena adanya peregangan otot pada wajah kita pada saat kita melontarkan sebuah senyuman bagi orang lain. Senyuman tersebut selain akan memberikan pencerahan bagi orang lain yang menerima senyuman kita tersebut, juga sangat berguna bagi diri kita sendiri.

Sebuah senyuman dapat mengobati hati yang terluka.
Disaat kita sedang terluka, cobalah membuat senyuman tulus, pasti hati kita akan lebih dikuatkan lagi dan akan mampu dalam menghadapi persoalan kehidupan kita. 
Disaat teman kita sedang terluka dan sedang merasa disakiti, disaat dia bertemu dengan kita dan dia mencoba untuk membagikan kesusahannya kepada kita, cobalah kita untuk tersenyum tulus, bukan senyum yang dibuat-buat, pasti senyuman tersebut akan membuat hatinya teduh dan tentram atas segala gejolak yang terjadi pada dirinya. 

Disaat kita tersenyum, orang disekitar kita juga akan terpancing untuk ikut tersenyum, sehingga akan menambah keceriaan yang terjadi di sekitar kita. 

Disamping senyuman, Sapa dan Salam juga sangat berguna untuk membina hubungan yang baik dengan orang-orang disekitar kita. Sebuah sapaan dan salam yang tulus dan berkomunikasi dapat membuat ketentraman orang-orang yang menerima sapa dan salam dari kita. 

Ucapan Selamat Pagi, Selamat Siang, Selamat Malam, kepada orang yang berada disekitar kita, akan menambah keakraban bagi kita di lingkungan kita. Sapa dan Salam ini juga sangat berguna untuk pasangan hidup kita. Disaat bangun pagi, dengan penuh senyuman tulus, cobalah menyapa pasangan kita, " Selamat Pagi Papa/Mama" pasti pasangan kita juga akan lebih bersemangat lagi untuk menyambut sapaan tersebut, dan sudah pasti rasa kasih sayang akan selalu bertambah hari lepas hari. Demikian juga kepada anak-anak kita, Sapa dan Salam juga sangat dibutuhkan untuk menambah kedekatan kita dengan mereka. Mereka juga merasa dihargai dan merasa lebih akrab dengan kita orang tuanya. Suatu saat mereka juga pasti berusaha bangun cepat dan berusaha untuk memberikan Senyum, Sapa Dan Salam untuk kita terlebih dahulu.

Jadi pals, Senyum, Sapa dan Salam ini bukanlah sesuatu yang mahal untuk kita dapatkan dari diri kita. Itu sangat mudah untuk kita dapatkan dan tentunya tidak ada alasan bagi kita untuk tidak berbagi senyum, sapa dan salam tersebut kepada orang lain disekita kita . Jangan kita menjadikan Senyum, Sapa dan Salam ini menjadi barang yang mahal sehingga kita berat untuk membagikannya kepada orang lain.

23 comments:

  1. kadang saya suka malu sendiri pak kalau saya senyum duluan eh orang yg disenyumi cuek aja :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang penting kita tulus mbak Lidya, masalah dicuekin anggap saja mereka lagi diterpa masalah yang belum terselesaikan oleh mereka.

      Delete
  2. Setuju Yadi, senyum, sapa dan salam yang diucapkan dengan tulus pasti akan memberikan banyak perubahan positif buat lingkungan dimana kita berada.
    Kalaupun ada yang tetap jutek, itu diluar kemampuan kita buat merubah karakter orang ya...
    ;)

    ReplyDelete
  3. OK, saya siap melakukannya Bang. nggak mahal dan ngapain kita jual mahal kan... siip.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang jelas ndak mahal dan ndak membutuhkan modal dana untuk memperolehnya.ehehehe

      Delete
  4. 5 S = Senyum, Sapa, Salam, Sopan, Santun

    5 S sudah di terapkan + 1 S = Salut...

    ReplyDelete
  5. Saya juga punya 5 s pak yadi baros, sama dengan Isnan Nugrah Lastiko, yaitu Senyum,Sapa,Salam,Sentuh dan Support.

    5S itu juga pernah saya posting di medianers dan 5S itu lebih cocok diterapkan di Rumah Sakit, Senyum pada pasien, Salam (Ucapkan selamat pagi/siang/malam) Sapa (tanya keluhanya), Sentuh ( Raba dimana lokasi yang ia keluhkan) Support ( berikan dorongan dan semangat) khusus utk support, masukan dari sejawat saya juga blogger (kang kapuk)

    maaf pak, komentarnya jadi panjang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan saja mas anton, jadi menambah wawasan juga nih, terima kasih atas tambahannya...

      Delete
  6. wah bener banget nih, senyum memang menjadi ruh dalam membina hubungan baik itu kerjaan maupun masyarakat.

    Senyum adalah sedekah yang paling mudah, prinsip itulah yang saya pegang selama ini. Yah, senyum sapa dan salam semoga senantiasa kita praktekkan dalam kehidupan sehari-hari. Cuma kalau senyum jangan banyak2, ntar dikira orang gila :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo senyumnya sendiri mas, ya bisa gawat juga jadinya. hahah

      Delete
  7. Hallo pals,, betul sekali. Begitupun saya ketika menghadapi peserta pimnas seperti saat2 ini pals. ke 3S itu harus menjadi modal utama bagi kami selaku panitia pals

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup, panitia bukan penguasa, jadi murah-murahlah senyum kepada peserta biar acaranya berjalan dengan sukses

      Delete
    2. haha betul sekali pals...
      menyempatkan BW lewat laptop dosen
      pals, btw link mu sudah saya pasang di blogku.. dtunggu konfrmasinya ya pals?

      Delete
  8. Senyum, sapa dan salam, murah dan mudah namun efek yang dibawanya sungguh luar biasa. Semoga, sesibuk apapun kita, selalu menyempatkan untuk melakukan tiga hal ini.

    ReplyDelete
  9. ya emang sih kalo dipikir2 senyum memang membawa orang lain untuk ikutan senyum juga

    ReplyDelete
  10. senyum mulu kan jg ga baek mas...cengengesan kesannya hehe
    tp sapa dan salam adalah wajib hukumnya.
    hr ini mau setor ke 3 nya di sini krn perdana berkunjung.

    ^___^ salam kenal mas ..selamat pagiii

    ReplyDelete
    Replies
    1. thanks buat kunjungannya mbak mimi, Salam kompak dari kami di Medan

      Delete
  11. mantap... senyum tu bisa ngelepas endorphine.. morphine alami yg tubuh kita miliki... sukses terus!!!

    ReplyDelete
  12. Memang sangat luar biasa kekuatan tiga serangkai ini, senyum, sapa, dan salam. Sederhana tapi bermakna... Membawa ketenangan dan kedamaian dalam hubungan...

    Salam dari Palembang...

    ReplyDelete
  13. senyum yuls senyum... biar gak cepet tuwa juga... :)

    ReplyDelete

About Me

My Photo

i want to make a friend for everyone.....

i'd love to be your friend

makaroo on Facebook