Saturday, June 15, 2013

JALAN PINTAS

Zaman sekarang ini memang serba instan, semua hal dapat dibuat menjadi instan. Mulai dari mie instan, bubur instan, minuman, dan lain sebagainya.

Sampai2 sekarang ini, banyak juga orang yang pengen sukses dan kaya raya dengan mengambil jalan pintas alias dengan cara instan. Tak perlu cara instan tersebut punya akibat dan efek samping buat orang lain, yang penting keinginan dan cita-cita nya bisa berjalan, dan dapat tercapai dalam waktu yang sangat singkat.

Sehingga membuat banyak orang yang tidak lagi mempunyai kepercayaan terhadap dirinya sendiri didalam mencapai harapan dan cita2nya. Sehingga orang pandai dan berbakat pun saat ini banyak yang mencoba cara-cara yang tidak wajar dalam mencapai titik puncak karir dan jabatannya.

Jangankan orang awam seperti kita, para politikus, artis/selebriti juga kadang menggunakan jalan pintas untuk mencapai ketenaran. Banyak yang sengaja melakukan sensasi yang kadang terasa tidak wajar untuk dilakukan terjadi.

Memang, pada saat-saat tertentu, kita memang memerlukan jalan pintas ini. Sepanjang tujuan kita adalah tujuan yang baik-baik dan tidak merugikan pihak lain. Misalnya dalam menyelesaiakan suatu pekerjaan yang mungkin akan memakan waktu yang cukup lama, bila kita menggunakan cara yang biasa. Kita bisa mencoba mencari jalan pintas agar pekerjaan tersebut terselesaikan dengan baik dan dalam waktu yang lebih cepat, dan yang paling penting tidak menyalahi aturan2 yang ada. Bahkan sangat memungkinkan untuk kita agar bisa membuat suatu inovasi yang penting dalam pekerjaan tersebut. Dan jelas managemen perusahaan akan melihat inovasi tersebut sebagai suatu hal yang patut dihargai, sehingga karir kita bisa lebih baik lagi di masa yang akan datang.

Jadi Pal, cari dan gunakanlah jalan pintas yang baik dan tidak melanggar aturan, ataupun merugikan pihak-pihak lain, sehingga kita bisa dikategorikan seorang pekerja yang kreatif dan patut untuk diberikan reward oleh perusahaan kita.
 
 

63 comments:

  1. Sayangnya banyak yang menggunakan jalan pintas untuk hal yang negatif. Di dunia birokrasi biasanya banyak "jalan pintas", asal kenal dengan personelnya, hehehe....

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia benar sekali pal, jalan pintas dipilih hanya karena ingin cepat mencapai kesuksesan dengan cara yang kurang terpuji.

      Delete
    2. Yup, saya sependapat dengan mas Rasito rastam.
      Btw, malah kadang masyarakat kelas bawah yg jadi tertuduh... miris nih hati...
      Semoga info ini menjadi pencerahan buat semuanya... Amin..

      Delete
    3. Kalau diterapkan dengan benar Jalan Pintas atau Shortcut ini juga ada manfaatnya. Tinggal bagaimana cara kita memandang masalahnya

      Delete
  2. Mungkin sistemnya diciptakan agar orang-orang mencari jalan pintas, sehingga ada ungkapan "kalau bisa dipersulit, mengapa dipermudah ?". Kalau jalan pintasnya masih rasional masih mending, banyak yang pakai cara irasional, pakai dukun dan jampi2 ... he he

    ReplyDelete
    Replies
    1. heheheh, itu jalan pintas bagi orang pemalas pal,

      Delete
    2. betul banget itu pak, sayangnya masih banyak orang-orang pemalas di negeri ini ... he he he

      Delete
    3. mudah2an otak pemalas kita bisa bertukar dengan otak berkarya dan kerja keras...

      Delete
  3. apakah ini yang di katakan.. jalan pintas di anggap pantas... !!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. pantas bila tujuannya untuk kemajuan dan tidak merugikan pihak manapun, namun sangatlah tidak pantas buat kita bila kita mengambil jalan pintas yang akan mengecewakan banyak pihak

      Delete
  4. cari cepet om...
    aku juga suka gitu kalo di kerjaan
    ngikutin aturan teknis suka kelamaan
    makanya sering pake ilmunya mcgyver main hajar yang penting kerjaan kembali normal
    parah ya...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang kalo tujuannya untuk mempercepat dan mempermudah aku rasa sih wajar2 aja pal, asal tidak cari jalan pintas dengan menjatuhkan orang lain

      Delete
  5. setuju mas.. apapun yang instant pasti hasilnya jg instant..
    tapi jika caranya dengan kerja keras pasti hasilnya juga banyak

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh saja sih instan, tapi tidak melanggar aturan

      Delete
  6. tapi saya yakin, kalo di kantor Bang Yadi, pasti susah deh buat improvisasi model begitu. adanya SOP baku dan juklak rutin yang tetap, iya nggak? hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang untuk operasional, sudah ada urutan pekerjaannya. namun kadang aku menyarankan kepada teman2 agar selalu dikondisikan dengan situasi agar pelayanan bisa cepat, aturan juga tidak dilanggar

      Delete
  7. Bener banget gan, jalan pintas memang dibutuhkan tapi gak asal jalan pintas yang kita tempuh.

    ReplyDelete
  8. jalan pintas ga boleh kalau caranya salah....

    ReplyDelete
  9. jalan pintas yang baik itu memang paling tepat di gunain di jalan raya biar cepet nyampe !

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo jalan pintasnya make trotoar, ya salah juga pal, karna ganggu pejalan kaki

      Delete
    2. bener juga mas, hahahahahahahahahhaha
      untung saya ga suka jalan pintas ke trotoar paling ke jalan tikus.

      Delete
    3. asal jng masuk got aja pal. hehahehahae

      Delete
  10. boleh saja pakai jalan pintas. asal jangan merugikan orang lain..hehe

    ReplyDelete
  11. ya walau tujuannya baek lewat jalan pintas terus juga gak baek. kebanyakan cara pejabat juga gitu. lihat aja koruptor, atau tukang suap, kebiasaan pake jalan pintas kali mereka. suap sana sini biar proyeknya lancar.

    ReplyDelete
  12. ahaha saya juga sering kayak gitu, sampe skrg pula :D
    lwbih suka lewat kebon tetangga ketimbang jalan yg udah ada, tapi sempet di marahin sih sama tetangga -__- .

    ReplyDelete
    Replies
    1. tetangganya guru fisika yang galak itu ya?

      Delete
    2. iya mas zach *ih sok tau...

      Delete
    3. kalo numpang lewat sih ndak masalah ya kayaknya, tapi kalo lewat sambil ngambil mangga, ya jelas dimarahin lah...

      Delete
    4. asal jangan nginjak rumput tetangga nanti malah dimarahin lagi

      Delete
    5. ahaha enggaklah.. saya lewat cuma mau ngumpet di pohon tauge.

      Delete
    6. pasti menghindar dari tagihan arisan..

      Delete
  13. sebenarnya jalan pintas baik baik saja. tapi jangan mau cepat berhasil, karena itu yang tidak ada.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga merasa jalan pintas itu bisa dibenarkan pal. asal jalan pintas tersebut tidak mengganggu kepentingan org lain

      Delete
  14. kalau yang menyangkut pekerjaan...saya lebih suka bilang Improvisasi, sebab kalau kerja terutama untuk pekerja lapangan kalau kurang kreatif dan improv...bakal di pacul tukang gali kang...hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kang Pacul udah tau ini Kang?

      Delete
    2. setuju dngan istilah impruvisasinya. lebih keren.tapi ndak keren dengan istilah paculnya heheHhssh

      Delete
    3. setuju dngan istilah impruvisasinya. lebih keren.tapi ndak keren dengan istilah paculnya heheHhssh

      Delete
  15. setuju pals, jalan pintas jika dalam hal positif dan mendesak sepertinya tidak apa-apa dan tidak merugikan orang lain juga kan

    ReplyDelete
  16. gak pake lama
    mau yang instam bin cepat

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia sih, cuma jngan sampe menggangu orang lain

      Delete
    2. kalau cari istri pakai jalan pintas boleh ndak ya

      Delete
    3. boleh aja kang, tapi jadi istri sepintas aja....

      Delete
  17. Jalan pintas bisa jadi negatif or positif... tergantung kepentingan si pemakai jalan. Kalau saya mah dari dulu malah gak nemu2 yang namanya jalan pintas. Yang ada malah saya sukanya muter2 dulu baru sampai :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kelamaan muter2, bisa pusing pal...hahahahah

      Delete
  18. setuju... mamang juga sering menggunakan jalan pintas untuk menghindari kemacetan di ibu kota jalan satu satunya ya mencari jalan pintas, jalan tikus atau jalan kelinci selagi jalan itu ndak buntu dan diportal hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo jalan pintasnya memang diperbolehkan untuk dilalui, ya boleh ja dong mang, tapi kalo mesti naik turun tangga trotoar, bisa bahaya donk

      Delete
  19. menggunakan jalan pintas supaya lebih efisien dan cut cost ya, om? bagus hehehee

    ReplyDelete

About Me

My photo

i want to make a friend for everyone.....

i'd love to be your friend