Tuesday, October 11, 2016

MAKNA SALING MEMAHAMI

Alangkah indahnya bila hidup saling memahami. Memahami dalam kelemahan dan menghargai kelebihan seseorang. Karena manusia memang diciptakan unik, jadi dengan keunikan tersebut selalu ada saja yang menjadi kekurangan dan kelebihan terhadap seseorang.

Seberapa sulitkah kita untuk memahami seseorang? Sebenarnya tidak sulit, bila kita mau menanggalkan keegoisan kita. Karena kita selalu merasa lebih baik dari orang lain sehingga kadang kita tidak mampu untuk menghargai kelebihan seseorang dan memaklumi kekurangannya.

Atas kelebihan orang lain kita merasa bahwa apa yang kita lakukan, bisa lebih baik dari apa yang dia lakukan. Apalagi melihat kekurangannya. Tentu kita akan merasa jauh lebih baik dari mereka. 

Demikian juga dalam hal berpendapat, bila kita masing-masing mau menahan keegoisan kita, tentu tidak akan ada perselisihan paham, atau sampai lempar kursi segala dalam rapat. Tidak sampai terjadi permusuhan dan pertentangan. Walaupun apa yang menjadi pemahaman orang lain mungkin beseberangan dengan pemahaman kita. Dan masing-masing mengingat kelemahannya. 

Berlaku juga dalam rumah tangga, sungguh bahagianya dalam satu rumah, bila saling memahami. Ndak perlu adanya pemaksaan, Pada saat malam hari, suami sumringah, tentunya si istri juga sudah menyiapkan landasan pacu buat suami. Indahnya bila saling memahami.

6 comments:

  1. Sungguh indah memang kalau dalam sebuah rumah tangga saling memahami antar suami dan istri

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar ya mas, kalo dalam satu atap aja ndak bisa saling memahami, gimana kacaunya ya mas

      Delete
    2. kata saling memahami juga perlu dalam membangun sebuah kerjasama yang baik mas...

      Delete
    3. kerjasama tidak akan pernah terjadi bila memang tidak saling memahami mas. Bisa dibilang dasar dari kerjasama adalah saling memahami.

      Delete
  2. bagi blogger kaya kita untuk dapat saling memahami rasanya rada sulit juga sih, wong nggak pernah ketemuan...makanya kadang banyak blogger yang kurang suka sama blog saya, beberapa kali di bw in tapi mereka nggak bw balik, di follow juga ngga follow balik, apalagi blogger cewe, mungkin karena cara saya berkomentar yang sakarep udelku sendiri, dan suka rada nyerempet ke yang hot-hot kali ya....makanya jadi demikian.
    nah itu secuil kisah betapa nggak mudah bagi blogger bisa saling memahami....
    JAIM...saya malah nggak bisa...jadinya....NYANTEY AJA KAYA DI PANTEY....saya mah ah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Disinilah perlunya saling memahami mang, ngeblog ini memang dunianya serius santai, jadi sepanjang komen dan postingan tidak menyinggung SARA, lanjut saja.

      Delete

About Me

My photo

i want to make a friend for everyone.....

i'd love to be your friend