Sunday, November 13, 2011

MANAGEMENT WAKTU


'waktu adalah uang', pribahasa ini sangatlah tidak asing kita dengar. Mungkin semenjak kita memasuki pendidikan sekolah dasar, kita telah mendengar istilah ini. Pribahasa ini sedikit banyaknya mengandung arti bahwa kita harus benar-benar dapat memakaikan waktu yang ada dengan sebaiknya, agar dengan waktu yang ada, kita mampu untuk menyelesaikan pekerjaan yang ada. Karena waktu yang kita lalui ini tidak akan pernah bisa kembali dan terulang dalam kehidupan kita. Sementara menurut omwiki, Manajemen waktu adalah tindakan atau proses menjalankan kontrol secara sadar atas jumlah waktu yang dihabiskan untuk kegiatan tertentu, terutama untuk meningkatkan efisiensi atau produktivitas.


aku sendiri, terkadang memang tidak dapat menggunakan waktu yang ada dengan sebaik mungkin, terkadang ingin melepas jenuh bekerja dengan bermain game, eee malah banyakan gamenya dari pada kerjanya. apalagi kalo kerjanya dirumah, lebih lama mainnya dari kerjanya.

sewaktu mengunjungi sitenya binus, aku menemukan 7 Prinsip manajemen waktu yang kreatif menurut DR Jan Yager:
ke 7 prinsip tersebut dikenal dengan  (DO IT NOW):
D = Divide (bagi-bagilah tugas).
O = Organize (atur bagaimana melaksanakannya).
 I = Ignore (abaikan gangguan).
T = Take (ambil kesempatan).
N = Now (sekarang harus dijalankan).
O = Opportunity (ambil kesempatan).
W = Watch out (waspada dengan waktu).

Membagi tugas yang akan dikerjakan,  dapat memudahkan kita dalam melihat tugas mana yang harus kita selesaikan lebih dahulu. Sehingga tugas-tugas tersebut dapat lebih mudah untuk kita atur dalam pelaksanaannya (organize).
Didalam menjalankan suatu pekerjaan, pasti saja selalu ada yang mengganggunya, baik dari diri kita sendiri maupun dari luar. Dari diri sendiri, misalnya pada saat kita ingin serius dalam menyelesaikan suatu pekerjaan, terkadang tanpa kita minta, tiba2 perut pengen BAB(kebelakang), terpaksa deh pekerjaan ditunda dulu, karena kalo ditahan lama2 dapat mengganggu pencernaan, hehehe. 
Kalo gangguan dari luar, pada saat bekerja, seorang teman lama menelepon ke hp kita, terkadang memang tak kuasa kita menolak panggilan tersebut, sehingga pasti akan mengganggu proses penyelesaian pekerjaan tersebut. sehingga memang diharapkan kemampuan kita untuk mengabaikan gangguan tersebut.

Untuk itu memang sangat diperlukan kewaspadaan kita terhadap segala gangguan yang pasti ada pada saat kita ingin menyelesaikan suatu pekerjaan. Dan mampu melihat bahwa kesempatan yang diberikan kepada kita untuk menyelesaikan suatu tugas adalah suatu kesempatan yang sangat berharga dalam kehidupan kita. Karena pada saat kita tidak dapat membagi waktu, pada saat itulah kemalasan itu angkat terus bangkit dan selalu menggangu produktifitas kita.

6 comments:

  1. Memanfaatkan waktu dengan baik itu gampang-gampang susah ya, trima kasih sudah berbagi tips...smoga mulai saat ini, saya bisa lebih ok lagi buat membagi waktu :)

    ReplyDelete
  2. Seharusnya kita memang mesti dapat memanfaatkan waktu secara bijak sehingga apapun yang kita kerjakan tidaklah sia-sia. Tetapi terkadang kita sendiri yang terjebak oleh rutinitas dan tak dapat memanfaatkan waktu dengan baik.

    ReplyDelete
  3. untuk urusan yang satu ini (waktu) mmg "susah2 gampang"....mungkin bisa dikembalikan lagi kepada tujuan hidup itu sendiri...:-D

    ReplyDelete
  4. sesuatu yang banyak dikesampingkan oleh banyak orang padahal tak terkira harganya

    ReplyDelete
  5. Soal manajemen waktu, ada tuh mata kuliah di kampus saya :D
    Anehnya, si dosen sendiri gak bisa memenajemen waktunya dengan baik.
    Buktinya ngajar aja suka telat.
    Malah kadang2 suka gak masuk :lol:

    Kalo soal manajemen waktu menyangkut tugas.
    Saya nyerah deh, suka belepotan nih.
    Sekarang aja masih ada 2 tugas yang belum saya kerjain sama sekali :))

    ReplyDelete

About Me

My photo

i want to make a friend for everyone.....

i'd love to be your friend