'waktu adalah uang',
pribahasa ini sangatlah tidak asing kita dengar. Mungkin semenjak kita memasuki
pendidikan sekolah dasar, kita telah mendengar istilah ini. Pribahasa ini
sedikit banyaknya mengandung arti bahwa kita harus benar-benar dapat memakaikan
waktu yang ada dengan sebaiknya, agar dengan waktu yang ada, kita mampu untuk
menyelesaikan pekerjaan yang ada. Karena waktu yang kita lalui ini tidak akan
pernah bisa kembali dan terulang dalam kehidupan kita. Sementara menurut omwiki, Manajemen waktu adalah tindakan atau proses menjalankan kontrol secara
sadar atas jumlah waktu yang dihabiskan untuk kegiatan tertentu, terutama untuk
meningkatkan efisiensi atau produktivitas.
aku sendiri, terkadang memang
tidak dapat menggunakan waktu yang ada dengan sebaik mungkin, terkadang ingin
melepas jenuh bekerja dengan bermain game, eee malah banyakan gamenya dari pada
kerjanya. apalagi kalo kerjanya dirumah, lebih lama mainnya dari kerjanya.
sewaktu mengunjungi sitenya
binus, aku menemukan 7 Prinsip manajemen waktu yang kreatif menurut DR Jan
Yager:
ke 7 prinsip tersebut
dikenal dengan (DO IT NOW):
D = Divide (bagi-bagilah tugas).
O = Organize (atur bagaimana
melaksanakannya).
I = Ignore (abaikan gangguan).
T = Take (ambil kesempatan).
N = Now (sekarang harus
dijalankan).
O = Opportunity (ambil
kesempatan).
W = Watch out (waspada dengan
waktu).
Membagi tugas yang akan
dikerjakan, dapat memudahkan kita dalam
melihat tugas mana yang harus kita selesaikan lebih dahulu. Sehingga
tugas-tugas tersebut dapat lebih mudah untuk kita atur dalam pelaksanaannya (organize).
Didalam menjalankan suatu
pekerjaan, pasti saja selalu ada yang mengganggunya, baik dari diri kita
sendiri maupun dari luar. Dari diri sendiri, misalnya pada saat kita ingin
serius dalam menyelesaikan suatu pekerjaan, terkadang tanpa kita minta, tiba2
perut pengen BAB(kebelakang), terpaksa deh pekerjaan ditunda dulu, karena kalo
ditahan lama2 dapat mengganggu pencernaan, hehehe.
Kalo gangguan dari luar,
pada saat bekerja, seorang teman lama menelepon
ke hp kita, terkadang memang tak kuasa kita menolak panggilan tersebut,
sehingga pasti akan mengganggu proses penyelesaian pekerjaan tersebut. sehingga
memang diharapkan kemampuan kita untuk mengabaikan gangguan tersebut.
Untuk itu memang sangat diperlukan kewaspadaan kita terhadap segala gangguan yang pasti ada pada saat kita ingin menyelesaikan suatu pekerjaan. Dan mampu melihat bahwa kesempatan yang diberikan kepada kita untuk menyelesaikan suatu tugas adalah suatu kesempatan yang sangat berharga dalam kehidupan kita. Karena pada saat kita tidak dapat membagi waktu, pada saat itulah kemalasan itu angkat terus bangkit dan selalu menggangu produktifitas kita.
Memanfaatkan waktu dengan baik itu gampang-gampang susah ya, trima kasih sudah berbagi tips...smoga mulai saat ini, saya bisa lebih ok lagi buat membagi waktu :)
ReplyDeleteSeharusnya kita memang mesti dapat memanfaatkan waktu secara bijak sehingga apapun yang kita kerjakan tidaklah sia-sia. Tetapi terkadang kita sendiri yang terjebak oleh rutinitas dan tak dapat memanfaatkan waktu dengan baik.
ReplyDeleteuntuk urusan yang satu ini (waktu) mmg "susah2 gampang"....mungkin bisa dikembalikan lagi kepada tujuan hidup itu sendiri...:-D
ReplyDeletesalam kenal
ReplyDeletesesuatu yang banyak dikesampingkan oleh banyak orang padahal tak terkira harganya
ReplyDeleteSoal manajemen waktu, ada tuh mata kuliah di kampus saya :D
ReplyDeleteAnehnya, si dosen sendiri gak bisa memenajemen waktunya dengan baik.
Buktinya ngajar aja suka telat.
Malah kadang2 suka gak masuk :lol:
Kalo soal manajemen waktu menyangkut tugas.
Saya nyerah deh, suka belepotan nih.
Sekarang aja masih ada 2 tugas yang belum saya kerjain sama sekali :))