Wednesday, May 30, 2012

PENGHARGAAN

Memang hanya satu kata, namun mempunyai arti yang sangat berarti buat orang yang menerimanya.
Om wiki bilang Penghargaan ialah sesuatu yang diberikan pada perorangan atau kelompok jika mereka melakukan suatu keulungan di bidang tertentu. Penghargaan biasanya diberikan dalam bentuk medali, piala, gelar, sertifikat, plaket atau pita. Suatu penghargaan kadang-kadang disertai dengan pemberian hadiah berupa uang seperti Hadiah Nobel untuk kontribusi terhadap masyarakat, dan Hadiah Pulitzer untuk penghargaan bidang literatur. Penghargaan bisa juga diberikan oleh masyarakat karena pencapaian seseorang tanpa hadiah apa-apa.

Setiap orang pasti sangat senang bila mendapatkan suatu penghargaan. Penghargaan bukan hanya di berikan dalam bentuk uang tunai, suatu ucapan "terima kasih" saja, sudah merupakan suatu penghargaan yang sangat mulia dan ditunggu-tunggu oleh semua orang. Dengan adanya penghargaan yang diberikan kepada seseorang tentunya akan lebih memberi dorongan untuk kembali berprestasi pada orang tersebut.

Bila kita merasa bahwa suatu hasil kerja kita tidak dihargai oleh orang lain terlebih oleh atasan, tentunya hal ini dapat membuat semangat kita akan semakin kendur didalam bekerja. Terlebih lagi bila kita dianggap tidak ada, ataupun dianggap sampah didalam lingkungan kerja kita, tentunya ini akan membuat kita semakin tidak nyaman berada di lingkungan pekerjaan kita. Demikian pulalah orang lain terhadap kita. Orang lain dilingkungan kerja atau kantor kita sangatlah membutuhkan penghargaan dari kita. Sekecil apapun yang mereka lakukan, tentunya itu sangat berarti dan tidak sepantasnya kita tidak menghargai hasil kerja yang telah mereka kerjakan.

Dampak yang diberikan oleh penghargaan ini sangatlah baik untuk kemajuan seseorang ataupun kemajuan perusahaan. Karyawan yang merasa tidak pernah dihargai oleh atasan ataupun lingkungan kerjanya lebih cendrung melakukan suatu tindakan yang dapat merugikan perusahaan. Dan cendrung akan membunuh kreatifitas dan inisiatif kerja pada pekerja tersebut.

Dengan adanya saling menghargai ini, tentunya akan menambah keharmonisan dalam lingkungan kerja dan menambah keharmonisan hubungan antara pekerja, terlebih hubungan antara atasan dengan bawahan. Jadi pals, marilah kita saling menghargai di dalam lingkungan kerja kita, dengan demikian kita lebih bisa memajukan diri sendiri, teman-teman sekerja kita terlebih akan memajukan perusahaan tempat kita bekerja.
setuju pals....

5 comments:

  1. memberi penghargaan salah satu cara kita menghargai orang lain dan juga penyambung silaturrahmi :).. nice post kang :D

    ReplyDelete
  2. award yang dulu sempat ramai di komunitas blogger, menurut saya itu juga sebuah wujud penghargaan juga kan..?

    ReplyDelete
  3. Penghargaan memang bisa menambah motivasi ya mas, apalagi di dunia kerja. Kalau atasan tidak pernah menghargai hasil kerja kita malah terkadang membuat patah semangat. Tapi ya beda orang beda juga sih mas. Ada juga sih yang walau hasil kerja tidak dihargai malah justru dijadikan cambuk biar hasil kerja bertambah bagus lagi :)

    ReplyDelete
  4. dari yang kecil dulu kali ya mas seperti menghargai sesama umat manusia

    ReplyDelete
  5. ketangkep banget pesennya. penghargaan. memang perlu ya sesuatu yang ternyata berdampak besarini dilakukan. sayacamkan. makasih,ini menginspirasi sekali.

    ReplyDelete

About Me

My photo

i want to make a friend for everyone.....

i'd love to be your friend